China Jadi Salah Satu Negara dengan Pemulihan Ekonomi Paling Cepat

China Jadi Salah Satu Negara dengan Pemulihan Ekonomi Paling Cepat
Virus Corona di Wuhan. ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 12 Mei 2020 15:11 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut China akan menjadi salah satu negara yang cepat mengalami pemulihan ekonomi. Mengingat China menjadi satu-satunya negara yang bisa menangani penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan cepat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa mengatakan ekonomi China akan mengalami perbaikan mulai triwulan III-2020. Sementara negara-negara lain justru relatif lebih lambat termasuk Indonesia.

"Diramalkan bahwa China mungkin akan mengalami recovery lebih cepat di kuartal-III 2020. Karena berhasil melakukan virus containment dengan baik. sementara negara lain lebih lambat," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/4)

Seperti diketahui, akibat virus corona, ekonomi China terkoreksi sangat mendalam. Pada kuartal I-2020 ekonomi Negeri Tirai Bambu itu minus 6,8 persen atau menjadi yang terburuk sejak 1976 lalu.

Sementara ekonomi Indonesia masih tumbuh sekitar 2,97 persen. Namun, angka ini di bawah prediksi pemerintah itu yang diperkirakan ekonomi di kuartal I-2020 bisa tumbuh di kisaran 4 persen.

Oleh karena itu, berkaca dari China, pemerintah akan fokus dalam penanganan virus corona. Berbagai kebijakan pun diambil seperti larangan mudik dan juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah.

Adanya kebijakan tersebut diharapkan bisa menekan angka penyebaran virus corona hingga ke daerah-daerah. Sehingga ketika virus corona sudah benar-benar hilang, maka pemerintah bisa kembali fokus dalam menggenjot perekonomian nasional.

"Maka apa yang kita alami dengan pandemi ini seperti jadi wakeup call untuk kita semua," tandas dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Pemerintah Diimbau Pilih Waktu yang Tepat untuk Perbaiki Ekonomi Akibat Corona
Pulihkan Ekonomi di 2021, Pemerintah Siapkan 41 Proyek Strategis Unggulan
Pemerintah Diimbau Beri Stimulus Sektor Kerakyatan Jaga Ekonomi Usai Corona
Bos Bappenas Prediksi Ekonomi RI Tumbuh di Bawah 2,3 Persen Tahun Ini
Sri Mulyani Sebut Skenario Pemulihan Ekonomi yang Beredar Masih Kajian
Pengusaha Usul Presiden Bentuk Komite Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami