Ciptakan Aplikasi Corona, Rahasia Ampuh Korea Selatan Cegah Penyebaran Virus

Ciptakan Aplikasi Corona, Rahasia Ampuh Korea Selatan Cegah Penyebaran Virus
ilustrasi menggunakan smartphone. ©2017 mashable.com
UANG | 2 Maret 2020 11:02 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Korea Selatan termasuk dalam salah satu negara yang terjangkit Virus Corona. Guna mencegah penyebaran, ahli teknologi mereka menciptakan aplikasi pemantau penyebaran virus tersebut.

Dilansir dari CNN, Senin (2/3), rahasia Korea Selatan efektif meminimalisir penyebaran karena pemerintahnya aktif menginfokan data terkini pasien terjangkit corona. Berdasarkan data tersebut, aplikasi akan mengolah dan menampilkannya dalam posisi di peta.

"Pengunduh aplikasi Corona 100m meningkat sebesar 20.000 tiap jamnya," ujar salah satu pencipta Corona 100m, Bae Won-Seok.

Aplikasi ini akan menunjukkan tanggal pasien terdeteksi Corona bersama dengan data penunjang lainnya. Seperti kewarganegaraan, jenis kelamin, usia dan lokasi mana saja yang dikunjungi pasien Corona.

Pengguna aplikasi ini juga dapat melihat sedekat apa mereka dengan sang pasien Corona. Kini, aplikasi yang tersedia di Google Play tersebut telah diunduh sebanyak 1 juta kali sejak diluncurkan pada 11 Februari. Tingginya pengguna bahkan membuat pusat data atau server aplikasi Virus Corona rusak.

Baca Selanjutnya: Bantu Masyarakat Membaca Data Virus...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami