CPGT ogah ganti rugi dana mitra koperasi Cipaganti

CPGT ogah ganti rugi dana mitra koperasi Cipaganti
UANG | 21 September 2014 15:30 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) menolak jika kewajiban penggantian dana mitra Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) dialamatkan ke pihaknya. Pasalnya, CPGT merupakan entitas berbeda dengan KCKGP.

Direktur Komunikasi Korporasi CPGT, Jofial Mecca Alwis, menyatakan selama ini sering terjadi kekeliruan sejumlah oknum mitra usaha KCKGP yang menuntut CPGT untuk mengembalikan investasi mereka yang tertanam di KCKGP.

"Kenyataan bahwa KCKGP dan CPGT menggunakan kata yang sama yaitu 'Cipaganti' bukan berarti masalah antara Mitra Usaha KCKGP dapat ditagihkan kepada kami," ujarnya pada merdeka.com melalui keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (21/9).

Menurutnya, kesalahpahaman dimulai saat beberapa bulan lalu Andianto Setiabudi yang merupakan pendiri KCKGP dan juga Direktur Utama CPGT dan beberapa petinggi KCKGP yang juga petinggi di CPGT diadukan ke pihak berwajib dan ditahan karena tidak dapat membayar kewajiban kepada mitra usaha KCKGP.

Berbagai upaya dilakukan untuk menyelamatkan dana mitra usaha KCKGP oleh jajaran koperasi tersebut. Lalu beberapa oknum mitra usaha KCKGP memiliki persepsi yang salah yaitu seluruh identitas yang bernaung di bawah nama Cipaganti Group merupakan aset dari KCKGP atau Andianto Setiabudi yang dapat digunakan untuk menyelamatkan dana mitra usaha KCKGP.

"Cipaganti Citra Graha sebagai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode 'CPGT' merupakan badan hukum yang berbeda," tuturnya.

CPGT, perusahaan terbuka yang didirikan sejak tahun 1985 dan go public pada 2013, hingga saat ini telah memiliki kurang lebih 3.000 pemegang saham.

PT Cipaganti Citra Graha Tbk saat ini mempunyai 5 anak perusahaan, yaitu :

1. PT Grand Transportasi Sejahtera (berdiiri 6 Agustus 2007, asset Rp 17,64 miliar)

2. PT Cipaganti Resources (berdiri 23 Juni 2008, asset Rp 11,584 miliar)

3. PT Transportasi Lintas Indonesia (berdiri 17 Oktober 2006, asset Rp 18,537 miliar

4. PT Star Line (berdiri 12 Agustus 2008, asset Rp 28,808 miliar)

5. PT Cipaganti Heavy Equipment (berdiri 23 Juni 2008, asset Rp 1.042 miliar).

PT Cipaganti Citra Graha Tbk didirikan pada 1985, dengan usaha awal sebagai perusahaan jual beli mobil bekas memakai nama Cipaganti Motor. Tanggal 5 Juni 2013 PT Cipaganti Citra Graha resmi menjadi perusahaan Tbk atau go public. (mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami