Daftar 10 Profesi Baru yang Paling Dicari di Indonesia Versi Kominfo

Daftar 10 Profesi Baru yang Paling Dicari di Indonesia Versi Kominfo
Internet. © En.rian.ru
EKONOMI | 12 Oktober 2021 12:25 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate menyatakan, saat ini ada sepuluh jenis pekerjaan baru yang muncul dan semakin meningkat permintaannya di Indonesia. Pertama, profesi Data Analyst dan Data Scientist.

"Profesi kedua, ialah Big Data Specialist. Ketiga ialah profesi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist," ungkapnya dalam acara OJK Virtual Innovation Day 2021, Selasa (12/10).

Keempat, ialah profesi Digital Marketing dan Strategy Specialist. Kelima, profesi di bidang pengembangan energi terbarukan atau renewable energy engineer.

"Keenam, Spesialis Process Automation (SPA). Ketujuh, Spesialis Internet of Thing," terangnya.

Kedelapan, profesi Digital Transformation Specialist (Spesialis Transformasi Digital). Kesembilan, profesi Bussines Services dan Administrasi Manager, serta kesepuluh, Spesialis Business Development (Arsitek Pengembang Bisnis).

Menkominfo menyebut, untuk menjawab kebutuhan pasar akan sejumlah profesi baru tersebut pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri telah melakukan sejumlah antisipasi. Antara lain dengan pelaksanaan program Digital Talent Scholarship yang ditargetkan menyasar 100.000 peserta.

Program Digital Talent Scholarship Kominfo memfasilitasi pelatihan kecakapan digital tingkat intermediate yang dirancang untuk meningkatkan resiliensi produktivitas masyarakat di tengah disrupsi digital guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya ekonomi digital.

"Pelatihan dilakukan dengan perusahaan teknologi raksasa, seperti Google, Microsoft dan berkolaborasi dengan 96 politeknik di 34 provinsi di Indonesia guna melahirkan sumber daya manusia yang cakap digital," bebernya.

Baca juga:
Tak Sadar Sudah Terkenal, Begini Perjalanan karier Ratu Sofya 'Dari Jendela SMP'
Untuk Para Bos, Ketahui 5 Tips Ini Sebelum Terapkan Kerja di Kantor
Hindari 6 Kesalahan Wawancara Kerja Virtual yang Bikin Gagal Diterima
Berhasil Raih Gelar Sarjana, Ini Deretan Prestasi Prilly Latuconsina Lainnya
Tujuan Perencanaan Karir dalam Perusahaan, Ketahui Proses dan Manfaatnya
Buat Pencari Kerja, Ini Alasan Kantor Tak Pernah Panggil Anda untuk Interview
5 Perjalanan Karier Beben Jazz Semasa Hidup, Pernah Jadi Programmer hingga Musisi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami