Daftar Pengutang BLBI yang Dipanggil Satgas Serta Jumlah Utangnya

Daftar Pengutang BLBI yang Dipanggil Satgas Serta Jumlah Utangnya
Utang. ©Shutterstock
EKONOMI | 16 September 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi terus menagih utang dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI. Keseriusan ini ditandai lewat penerbitan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 6 Tahun 2021 terkait pembentukan Satgas BLBI pada 6 April 2021.

Menko Polhukam, Mahfud MD mengatakan, pemerintah serius mengejar 48 obligor dan debitur yang punya utang dana BLBI senilai Rp111 triliun. Ditargetkan proses pencarian ini bisa tuntas dalam waktu kurang dari 3 tahun.

"Kita akan tegas soal ini (penagihan utang BLBI) karena kita diberi waktu oleh negara oleh Presiden, tidak lama. Diberi waktu sampai Desember 2023," ujar Mahfud dalam pernyataannya.

Tidak hanya itu, Mahfud juga meminta agar para obligor/debitur proaktif untuk bisa menyelesaikan utang BLBI. Termasuk dengan memenuhi panggilan dari Satgas BLBI.

"Proaktif saja, tidak ada yang bisa bersembunyi. Karena di sini ada daftarnya, dan kami punya daftar para obligor dan para debitur. Jadi kami pun tahu, Anda pun tahu," serunya.

Hingga Rabu (15/9), Satgas BLBI tercatat sudah melakukan panggilan untuk 10 nama pengutang BLBI. Namun, beberapa di antaranya masih berhalangan hadir, bahkan untuk lebih dari satu kali sesi pemanggilan.

Berdasarkan data yang dihimpun, berikut daftar obligor/debitur yang telah dipanggil Satgas BLBI:

Baca Selanjutnya: Pemanggilan 26 Agustus 2021...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami