Dampingi Prabowo ke Brunei, Direktur Anak Usaha Pertamina Dinonaktifkan

UANG | 21 Mei 2019 14:25 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam pada 16 Mei lalu. Prabowo dalam kesempatan itu dikabarkan membawa rombongan sebanyak 11 orang, salah satunya Direktur Marketing anak perusahaan Pertamina, PT Pertamina Trans Kontinental, Wedi Kamaludin.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Fajar Harry Sampurno, mengatakan saat ini Pertamina sudah menonaktifkan Wedi sebagai pejabat di perusahaan tersebut. Penonaktifan tersebut dilakukan sampai ada hasil investigasi.

"Iya dinonaktifkan sampai ada investigasi," ujar Fajar saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (21/5).

Alasan penonaktifan Wedi karena diduga terlibat politik secara langsung. Padahal, selama ini sudah ada larangan bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak boleh berkampanye serta terlibat dalam tim badan pemenangan suatu kelompok tertentu.

"Iya pegawai BUMN memang tidak boleh berkampanye atau jadi tim atau jadi apapun itu," jelas Fajar.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigrasi.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando mengatakan, Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019. "Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam Fernando.

Dia mengatakan, Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. "Kalau dari manifest-nya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau," kata Sam. "Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam Fernando.

Baca juga:
Hadapi Mudik Lebaran, Pertamina Tambah 112 Titik Layanan BBM di Jalur Tol Trans Jawa
Pertagas Raup Laba Bersih Rp2,07 Triliun Selama 2018
Intip Kesiapan Pertamina Layani Kebutuhan BBM di Tol Trans Jawa dan Sumatera
Pertamina Beberkan Konsumsi dan Stok Bahan Bakar Saat Lebaran 2019
Pertamina Klaim Jual Avtur Paling Murah, Sesuai Formula Pemerintah
Bos Pertamina Klaim Sudah Tidak Impor Solar dan Avtur
Pertamina Siapkan Opsi Lahan Reklamasi Bangun Kilang Tuban

(mdk/bim)