Dana Hibah Rp3,7 T jadi Asa Kebangkitan Pelaku Pariwisata Usai Pelarangan Mudik

Dana Hibah Rp3,7 T jadi Asa Kebangkitan Pelaku Pariwisata Usai Pelarangan Mudik
Menparekraf Sandiaga Uno. ©Istimewa
EKONOMI | 20 Mei 2021 18:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan segera menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,7 triliun. Dana ini diharapkan menjadi penyemangat para pelaku industri pariwisata, terlebih usai kembali mendapat tekanan saat masa pembatasan mudik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menparekraf, Sandiaga Uno. Dia mengakui bahwa pembatasan saat mudik Lebaran 2021 berdampak pada bisnis di sektor pariwisata.

"Harapannya jumlah Rp 3,7 triliun ini bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta memberikan semangat karena kemarin dengan adanya pembatasan saat mudik Lebaran, sebagian dari mereka juga mengalami penurunan pendapatan secara signifikan," kata Menteri Sandiaga di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis (20/5).

Menteri Sandiaga mengungkapkan pihaknya terus mengupayakan dukungan untuk sektor pariwisata yang juga terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan pun direncanakan menjangkau lapisan terbawah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terkait hal ini, katanya, Kemenparekraf akan bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

"Jadi tadi saya juga bertukar pikiran dengan ibu Menaker bahwa dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan data-datanya, bisa juga kita menjangkau langsung ke lapisan terbawah dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas Menteri Sandiaga.

Baca Selanjutnya: Sandiaga Uno Tambah Dana Hibah...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami