DANA Resmi Jadi Mitra Kartu Prakerja

DANA Resmi Jadi Mitra Kartu Prakerja
UANG | 14 Oktober 2020 12:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan dompet digital DANA. Dengan kerjasama ini, DANA resmi menjadi mitra kartu prakerja, sehingga memperkaya pilihan peserta untuk menggunakan platform e-wallet sebagai penyalur insentif.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin mengatakan, peran dompet digital (e-wallet) sebagai mitra penyaluran insentif kartu prakerja. Di mana melalui e-wallet ini, penyaluran insentif menjadi lebih transparan dan diberikan langsung kepada penerima.

Sebelumnya telah ada e-wallet yang bergabung sebagai mitra kartu prakerja, di antaranya OVO, LinkAja, dan Gopay.

"DANA resmi menjadi mitra pembayaran prakerja. Sehingga nantinya makin banyak lagi pilihan untuk masyarakat dalam kita menyalurkan insentif pasca pelatihan. Selamat kepada DANA yang telah bergabung dengan program kartu prakerja," kata Rudy, Rabu (14/10).

Dia menjelaskan, Program Kartu Prakerja dinilai cukup efektif untuk membantu menangani pengangguran, utamanya pada masa pandemi covid-19. Melalui berbagai pelatihan yang ditawarkan, peserta kartu Prakerja bisa memilih bidang mana yang diminati untuk meningkatkan kemampuan mereka.

"Program kartu prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan yang diberikan langsung kepada penerima kartu prakerja dengan tujuan untuk upskilling," imbuhnya.

Rudy menambahkan, bagi pelaku UMKM peserta program kartu prakerja perlu juga mendapatkan literasi keuangan. Inklusi dan literasi keuangan dinilai menjadi penting karena penerima kartu prakerja akan menerima insentif. Sehingga pemanfaatan dari insentif itu mestinya dapat dikelola dengan baik.

"Sebagai pelaku UMKM yang tidak pasti pendapatannya, dan juga tidak mengenal pensiun, perlu juga direncanakan bagaimana keuangan di hari tua," kata Rudy.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks Situs Penipuan Mengatasnamakan Pendaftaran Kartu Prakerja
Menaker Imbau Korban Penipuan Situs Prakerja.vip Lapor Polisi
Penuhi Kuota 2020, Gelombang 10 Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini
Jumlah Pendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 9 Tembus 5 Juta Orang
Hingga 17 September, Jumlah Pendaftar Kartu Prakerja Tembus 23,8 Juta Orang
Per Hari Ini, Sebanyak 4,68 Juta Peserta Terima SK Kartu Prakerja

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami