Darurat Produk Asing di Pasar Teknologi Indonesia

UANG | 13 Agustus 2019 16:15 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Tak dapat dipungkiri produk teknologi Indonesia saat ini dibanjiri dari luar negeri. Mulai produk elektronik hingga otomotif asing menjadi pemandangan sehari-hari yang menemani aktivitas masyarakat Indonesia.

Direktur Re-Industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB), Achmad Rizal, mengatakan para kapitalis global 'tertawa' di balik layar melihat masyarakat Indonesia berbondong-bondong menyerbu produk-produk mereka.

"Lihat saja setiap launching produk handphone terbaru, masyarakat mengantre untuk mendapatkan produk tersebut," kata dia dalam acara Indonesianisme Summit 2019, di JCC, Jakarta, Selasa (13/8).

Dia menyoroti lemahnya penguasaan teknologi di Indonesia. Dalam konteks ini, Rizal merasa pemerintah tidak memberikan perlakuan yang pantas untuk pengembangan teknologi. "Dalam setiap periode pemerintahan, penguasaan teknologi selalu dipandang sebelah mata," ujarnya.

Dia berpandangan, peran-bersama pemerintah, industri, dan institusi pendidikan (perguruan tinggi) saatnya lebih serius dikembangkan. Selama ini ketiga sektor tersebut seolah berjalan sendiri-sendiri.

Riset-riset perguruan tinggi dan lembaga riset pemerintah jarang dipakai untuk industri dan hanya menumpuk di perpustakaan. Inovasi teknologi industri pun sangat minim, akibatnya sulit bersaing dengan produk luar.

"Pemerintah harus membuat kebijakan yang dapat melindungi tumbuhnya industri dalam negeri memasuki era perdagangan bebas. Kalau dilepas begitu saja, jelas industri kita akan kalah bersaing dengan produk-produk luar," tutupnya.

Ketua Umum IA-ITB, Ridwan Djamaluddin, mengajak semua kalangan untuk tidak lagi alergi membicarakan 'membisniskan teknologi' dan 'menteknologikan bisnis'. Hal ini agar teknologi Indonesia tak lagi dikuasai asing.

"Supaya hasilnya benar-benar optimal dan bermanfaat. Supaya asing tidak lagi bisa menguasai kita. Kita punya potensi, kita manfaatkan dengan teknologi," kata dia.

Baca juga:
Kenalkan SiRamot, Teknologi Penyiram Perkebunan Pintar Buatan Anak Bangsa
Gelar Pameran Teknopreneur, Ikatan Alumni ITB Dorong Komersialisasi Teknologi
DANA Jamin Keamanan Transaksi Pengguna Lewat Fitur Proteksi
Google Sempat Error, Tak Bisa Tampilkan Pencarian Aktual
5 Produk Teknologi 'Retro' yang Masih Mahal dan Layak Beli!
Syarat ini Terpenuhi, PNS Nantinya Bisa Bekerja dari Rumah
Berbagi Tips Traveling yang Praktis dan Nyaman

(mdk/bim)