DBS Prediksi Bank Indonesia Bakal Turunkan Suku Bunga Acuan Bulan Ini

UANG | 18 Oktober 2019 15:04 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Kepala Ekonom DBS Indonesia, Masyita Crystallin memprediksi Bank Indonesia masih akan menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada bulan ini. Hal tersebut dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi global yang saat ini belum menentu.

"Kami memperkirakan akan ada pemotongan suku bunga 25 bps, yang kemungkinan dapat segera terjadi dalam bulan ini," ujar Masyita melalui siaran pers, Jakarta, Jumat (18/10).

Penurunan suku bunga acuan perlu dilakukan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Selain itu, stabilitas nilai tukar Rupiah di tengah pasar keuangan juga perlu dijaga agar tidak mengalami fase yang sama dengan tahun lalu.

"Dengan fokus Bank Indonesia diseimbangkan antara mendukung pertumbuhan dan menjaga stabilitas rupiah," jelas Masyita.

Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, banyak yang harus dibenahi salah satunya investasi. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir impor sebagai penggerak investasi melemah cukup dalam walau tidak separah tahun lalu.

"Diarahkan oleh perlambatan aktivitas investasi secara keseluruhan, kontraksi impor kemungkinan akan berlanjut. Pertumbuhan investasi telah menurun menjadi 5,0 persen di semester I 2019 dari 6,9 persen di semester I 2018 selama tahun pemilihan umum ini. Investasi pemerintah telah melambat karena lebih banyak proyek yang diselesaikan daripada proyek baru yang dimulai," tandasnya.

Baca juga:
Kadin Beberkan 2 Faktor Penyebab Industri Pelayaran Tumbuh Melambat
LPS: Suku Bunga Deposito Perbankan Akan Terus Turun
LPS Kembali Turunkan Bunga Penjaminan Sebesar 25 Bps
Donald Trump Ngamuk Bank Sentral AS Turunkan Suku Bunga Acuan
BI Sebut Butuh Waktu untuk Perbankan Turunkan Suku Bunga
Suku Bunga Acuan BI Turun, Belum Tentu Diikuti Perbankan

(mdk/idr)