Deretan Bank Terkaya di Dunia

UANG | 29 November 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Meski ekonomi global tengah mengalami kemunduran, namun bank terus memiliki aset yang tinggi hingga triliunan. Amerika Serikat (AS) dan China adalah 2 negara dengan bank terkaya.

Adanya pergeseran jenis investasi juga tidak menggeser posisi perbankan untuk tetap memiliki banyak peminat. Berikut 4 bank terkaya di dunia, asetnya hingga ribuan triliun Rupiah, dilansir The Richest.

1 dari 4 halaman

Postal Savings Bank of China

Bank ini mulai mengukir kesuksesannya sejak pembukaan di 2007. Bank ini menyediakan layanan dasar bagi pelanggan dan memprioritaskan kebutuhan klien berpenghasilan rendah, usaha kecil, dan pelanggan pedesaan.

Dengan lebih dari 40.000 cabang di China, bank ini mengalami pertumbuhan yang cepat. Dengan aset hingga USD373 miliar atau Rp5.259,1 triliun, bank ini adalah salah satu yang terbesar dan terkaya di dunia.

2 dari 4 halaman

Bank of Communications

Bank Asia lain dengan aset besar adalah Bank of Communications, yang didirikan di China pada tahun 1908. Bank ini berada di lima besar bank terbesar dan paling menguntungkan di China, dengan 2.800 cabang yang beroperasi di lebih dari 80 kota besar di China.

Dengan aset melebihi USD 1,38 triliun atau Rp19,45 kuadriliun, bank mempekerjakan hampir 100.000 orang. Dengan kantor pusat di Shanghai, bank ini juga telah berhasil mendirikan cabang ritel utama di Hong Kong, New York, Tokyo, Frankfurt, dan London.

3 dari 4 halaman

Wells Fargo & Company

Salah satu bank tertua di Amerika, Wells Fargo, berasal dari tahun 1851 ketika Henry Wells dan William Fargo membuka cabang pertama di San Francisco, California. Meskipun bukan bank terkaya di dunia, ia telah dinobatkan sebagai bank paling berharga di dunia dalam studi yang dilakukan oleh majalah The Banker, selama dua tahun terakhir.

Dengan aset di atas USD 1,89 triliun atau Rp26,64 kuadriliun, bank ini telah beroperasi di lebih dari 8.000 cabang, dengan lebih dari 13.000 mesin ATM. Menawarkan manajemen kekayaan, produk asuransi, dan layanan broker, Wells Fargo melayani jutaan klien di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Bank of America

Bank of America adalah salah satu lembaga perbankan paling terkenal di Amerika Serikat. Dengan total nilai USD 245 miliar atau Rp3.454,37 triliun, awalnya dibuka sebagai Bank of Italy pada tahun 1904, di San Francisco.

Bank terbesar kedua di Amerika, ini mengoperasikan 4.600 pusat keuangan ritel di seluruh dunia, dan hampir 20.000 mesin ATM. Dengan 46 juta klien, Bank of America adalah bank investasi terbesar ketiga di dunia dan perusahaan terbesar ke-13 di dunia. (mdk/azz)

Baca juga:
Ini 8 Bankir Terbaik Indonesia di Tahun 2019
Jelang Akhir Tahun, BTN Target Penyaluran Kredit Skema BP2TB Rp609 Miliar
BTN Bocorkan Rencana Perusahaan Jepang Bangun Perumahan Khusus Milenial di RI
Suku Bunga Acuan BI Terus Turun, Bunga KPR Kok Belum Turun?
Sah, Pahala Mansury Resmi Jadi Bos BTN

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.