Deretan Keuntungan Budidaya Udang Selama Pandemi, Tertarik Mencoba?

Deretan Keuntungan Budidaya Udang Selama Pandemi, Tertarik Mencoba?
UANG | 8 September 2020 17:18 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Pengusaha Tambak Udang, Yosep Librata Poeguh, mengajak masyarakat agar tak sungkan memulai bisnis budidaya udang. Mengingat udang termasuk komoditas unggulan. Terlebih aturan terkait dalam bisnis ini kian dipermudah oleh pemerintah.

"Bisnis udang di masa pandemi ini kisaran Maret - April mengalami masalah sedikit. Harga turun drastis karena permintaan turun. Tapi setelah April harga kembali rebound dan kembali ke sediakala," ujarnya dalam talk show bertajuk 'Pangan dan Peluang Bisnisnya di Era Kebiasaan Baru' via Youtube BNPB, Selasa (8/9).

"Jadi, sekarang produk udang masuk ke salah satu program program Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Pemerintah. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan agar tak ragu (berbisnis) budidaya udang," jelas dia.

Pun, pemerintah dinilai telah berkomitmen penuh untuk mendukung pengembangan bisnis budidaya udang dalam negeri melalui aturan berusaha yang mudah dan jelas. Pihaknya mencatat kini hanya ada 6 aturan yang berlaku, dari sebelumnya yang berjumlah 21 aturan berusaha.

"Yang pertama telah kapan hari bertemu, dari perwakilan pelaku tambak Udang dengan BKPM, KKP, dan KSP. Lalu, Ratas (rapat terbatas) yang di koordinasi di Kemenko Marves (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) untuk penyederhanaan izin. Awalnya 21 izin hanya 6 izin saja. Jadi ini berita baik untuk temen Petambak udang maupun yang akan masuk (bisnis budidaya udang)," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Optimalkan Kemudahan Bisnis...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami