Deretan Keuntungan Kerja Sama GMF AeroAsia dengan Airbus

UANG | 2 April 2019 14:55 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk atau GMF AeroAsia dan Airbus resmi menyepakati perjanjian kerja sama perawatan komponen untuk pesawat tipe A320. Kerja sama ini merupakan bentuk kepercayaan Airbus sebagai raksasa manufaktur pesawat dunia kepada GMF.

Direktur Bisnis dsn Bade Operation GMF AeroAsia, Tazar Marta Kurniawan mengungkapkan, berbagai keuntungan kerja sama dengan Airbus melalui perawatan pesawat ini. Menurutnya, dengan pangsa pasar Airbus yang cukup besar, kerja sama ini mampu menurunkan biaya logistik hingga 20 persen.

"Lowering cost sekitar 20 persen itu the basic kita punya kompetitif dibandingkan yang lain. lebih murah dan juga logistik," katanya usai melakukan penandatangan di Kantor GMF AeroAsia, Tanggerang, Selasa (2/4).

Tazar menuturkan, keuntungan di balik kerja sama ini juga nantinya para costumer Airbus yang berada di Asia Pasific tidak perlu lagi mengirim ke Eropa apabila ada komponen yang rusak. Sebab, adanya kerja sama itu membuat GMF memiliki kewenangan untuk menangani beberapa komponen-komponen Airbus yang bermasalah.

"Itu banyak keuntungannya pertama untuk costumer di region ini (Asia Pasific) ini komponen gak perlu dikirim ke Eropa kalau rusak jadi cukup di sini menghemat logistik," katanya.

Tazar menambahkan, kerja sama ini pun diharapkan menjadi salah satu pintu masuk GMF untuk ikut berkontribusi mensupport costumer Airbus dalam hal komponen service.

"Karena Airbus menawarkan yang namanya bisnis komponen ke costumer mereka dengan paket yang besar. Mereka punya bisnis itu yang dibayar per jam tapi begitu komponen itu rusak akan dikerjakan oleh kita," pungkasnya.

Baca juga:
GMF AeroAsia Resmi Sediakan Layanan Perawatan Pesawat Airbus di Asia Tenggara
GMF Siapkan Belanja Modal USD 50 Juta, Salah Satunya untuk Bangun Hanggar Baru
GMF Bangun Pabrik Ban Pesawat Awal Tahun Ini
Perkuat Bisnis Perawatan Pesawat, GMF Bakal Lebarkan Sayap ke Rusia
Genjot Kinerja, GMF Lakukan Kerjasama Dengan Indopelita Aircraft Services
RUPSLB GMF putuskan perubahan anggaran dasar dan perombakan direksi & komisaris

(mdk/idr)