Di Depan Komisi XI, Sri Mulyani Pamer Peroleh WTP 9 Kali Berturut-turut

Di Depan Komisi XI, Sri Mulyani Pamer Peroleh WTP 9 Kali Berturut-turut
UANG | 26 Agustus 2020 11:25 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, guna membahas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019. Dalam kesempatan itu, dirinya membeberkan capaian atas laporan keuangan lingkungan kementeriannya dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Dia mengatakan, laporan keuangan Kementerian Keuangan yang diaudit oleh BPK pada 2019 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Perolehan WTP menjadi capaian berturut-turut Kementerian Keuangan sejak 2011 lalu.

"Ini sudah 9 tahun berturut-turut. Jadi sebetulnya Kementerian Keuangan yang pertama kali yang mendapatkan WTP dan kami terus memperhatikan mempertahankan hingga saat ini meskipun kompleksitas dari keseluruhan laporan keuangan kita sebetulnya sudah berubah banyak dari tahun 2011," kata dia saat rapat bersama Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (26/8).

Bendahara Negara ini menambahkan, pada saat pertama kali Kementerian Keuangan mendapatkan WTP dari BPK saat itu basisnya adalah cash. Atau belum betul-betul menjalankan seperti apa yang dimandatkan oleh undang-undang pembendaharaan negara.

Adapun dasar penyusunan laporan keuangan Kementerian Lembaga yakni mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Kemudian mengacu juga pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pembendaharaan Negara.

Selain itu juga berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 tentang APBN TA 2019 dan Undang-Undang Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. (mdk/azz)

Baca juga:
Menteri Sri Mulyani: Tingkat Kemiskinan di 2019 Terendah Sepanjang Sejarah Indonesia
Pemerintah Pastikan Hadir Untuk Masyarakat Terimbas Pandemi Corona
Stafsus Menkeu Ungkap Sebab Serapan Anggaran PEN Lamban
Sri Mulyani Buka-bukaan soal Penyebab Penerimaan Pajak Meleset di 2019
Dikritik DPR, Sri Mulyani Janji Bakal Perketat Perjalanan Dinas dan Belanja Honorer
Menteri Sri Mulyani Ungkap Strategi Pemerintah Jaga Kesejahteraan Nelayan dan Petani

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami