Di Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi Ingin UMKM Naik Kelas

Di Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi Ingin UMKM Naik Kelas
Presiden Joko Widodo. Akun Twitter Joko widodo ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 20 Mei 2021 14:19 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ingin menjadikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-103 tahun ini dengan mempercepat kebangkitan produk buatan Indonesia. Mendorong pelaku UMKM yang telah bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi untuk menguasai pasar dalam negeri dan lebih kompetitif di pasar global.

"Kebangkitan UMKM kita yang mampu hasilkan produk kualitas tinggi dan kuasai pasar dalam negeri, lebih kompetitif di pasar global, dan UMKM naik kelas," tutur Jokowi dalam Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #FestivalJoglosemar: Artisan of Java, Yogyakarta, Kamis, (20/5).

Jokowi menegaskan UMKM menjadi pilar penting dalam kebangkitan ekonomi nasional, sebab jenis usaha para pelaku usaha sektor ini tersebar hingga ke pelosok wilayah, dan melibatkan banyak warga sekitar sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap banyak tenaga kerja.

"Saya ingin tegaskan lagi UMKM pilar penting kebangkitan ekonomi kita," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan program Gerakan Masyarakat Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI) juga telah satu tahun berlangsung. Program ini semakin terlihat nyata dengan makin banyaknya pelaku UMKM yang bergabung dengan platform digital.

"Kita mau UMKM yang on boarding ke e-commerce makin signifikan," kata dia.

Peningkatan ini akan berdampak pasti ke pergerakan ekonomi offline. Perputaran ekonomi bergerak dari bawah bergerak dari pinggiran dari berbagai pelosok Indonesia, merata dan berkeadilan. Pemerintah juga tengah meningkatkan ekosistem usaha UMKM lewat UU Cipta Kerja. Regulasi ini akan memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku UMKM.

"Ekosistem usaha UMKM juga terus kita benahi. Memangkas regulasi rumit dan tumpang tindih, dan memudahkan UMKM buka usaha baru," kata dia mengakhiri.

Baca juga:
Menko Luhut Sisir Alokasi Belanja Negara yang Bisa Dibelikan Produk UMKM
Luhut Sebut UMKM Naik Kelas Saat Belanja APBN Rp 316,4 T per Tahun untuk Produk Lokal
Jokowi Harap Produk UMKM Bisa Bangkit Lewat Festival Joglosemar
Jokowi Minta Produk UMKM Penuhi Etalase Pusat Perbelanjaan dan Lokasi Strategis
Startup TokoTalk Bantu Lebih 500 Ribu UMKM Rambah Bisnis Digital
Digitalisasi UMKM Indonesia Terkendala Usia Tua Pengusaha

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini