Di Hari Kebangkitan Nasional, Pemerintah Gencarkan Digitalisasi

Di Hari Kebangkitan Nasional, Pemerintah Gencarkan Digitalisasi
Johnny G Plate. ©2018 Merdeka.com/Hari Ariyanti
EKONOMI | 20 Mei 2021 12:17 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, program Indonesia Makin Cakap Digital diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kegiatan ini menandai kebangkitan nasional saat ini dengan cara baru. Kebangkitan nasional di era baru dengan digitalisasi Indonesia.

"Partisipasi saudara semua ini tidak hanya menandai peringatan kebangkitan nasional tetapi juga menandai kebangkitan era baru, era digital nasional Indonesia," kata Johnny di acara Indonesia Makin Cakap Digital, Jakarta, Kamis, (20/5).

Johnny mengatakan acara tersebut diikuti 300 ribu lebih partisipan yang hadir secara daring melalui aplikasi rapat online. Kegiatan ini menjadi acara pertemuan dengan peserta terbanyak yang pernah ada.

"Kita cetak sejarah pertemuan daring dengan peserta terbanyak sekitar 300 ribu partisipan yang hadir secara virtual," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama Johnny mengatakan pemerintah memiliki program literasi digital nasional dengan target 12,4 juta partisipan per tahun. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencanangkan program Digital Scholarship (DTS) yang menyediakan 100 ribu beasiswa per tahun untuk mengasah keterampilan digital di tingkat menengah seperti big data, AI, cloud, computing, siber sekuriti dan pemanfaatan teknologi digital lainnya.

Berbagai program tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Untuk itu diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal. "Mari bersama memanfaatkan dan mengikuti kelas digital secara gratis," tutupnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Menkominfo Sebut Potensi Ekonomi Digital RI di 2025 Capai USD124 Miliar
Digitalisasi UMKM Indonesia Terkendala Usia Tua Pengusaha
Kiat Sukses UMKM Sebelum Go Digital di Tengah Pandemi
Kaya Raya dari Investasi Kripto, Bankir Goldman Sachs Putuskan Resign
PermataBank Syariah Hadirkan Layanan Digital Bagi Nasabah
Suntik Dana Rp4,3 T di Gojek, Kinerja Telkom Group Diprediksi Meningkat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini