Di HUT SMI, Sri Mulyani Singgung Daya Saing Infrastruktur RI Kalah dari Malaysia

Di HUT SMI, Sri Mulyani Singgung Daya Saing Infrastruktur RI Kalah dari Malaysia
Sri Mulyani soal daya saing infrastruktur. ©2019 Merdeka.com/Anggun P Situmorang
UANG | 28 Maret 2019 11:52 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri perayaan ulang tahun PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) ke-10. Dalam kesempatan itu, Menteri Sri Mulyani menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian yang dilakukan oleh SMI.

Menteri Sri Mulyani mengatakan, sudah banyak pencapaian yang diraih dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Meski demikian, daya saing atau competitiveness index infrastruktur Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan Malaysia.

"SMIers ini pasti adalah mereka yang paling tidak, pernah ke luar negeri. Lihat tetangga kita tidak usah jauh-jauh, Malaysia. Kalau dilihat dari global competitiveness index infrastrukturnya saja mereka ada di rangking 30, kita ada di rangking 71," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/3).

Rangking ini tentu bukan sesuatu yang membanggakan. Untuk itu, dia mengajak SMI agar turut serta mendorong kenaikan competitiveness index infrastruktur agar lebih baik meskipun jika dibandingkan Malaysia Indonesia memiliki wilayah yang lebih luas dan penduduk lebih besar.

"Senang tidak kita ada di bawahnya? Pasti tidak. Semangat dari milenial Anda harus bisa mengejar. Anda boleh berargumentasi Malaysia lebih kecil dari kita Bu. Dia tidak punya 17.000 pulau, dia penduduknya tidak sampai 267 juta. Wilayahnya tidak sebesar 8,3 juta KM. Lautnya lebih banyak kita ibu," jelasnya.

"Anda sangat mudah mencari alasan panjang sekali untuk mengatakan 'Iya memang kita 71 tidak apa-apa yang di situ 30'. Namun saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menggugah kalian semua jangan pernah memiliki karakter untuk selalu mencari alasan dulu untuk tidak melakukan sesuatu," sambungnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, saat ini PT SMI memiliki banyak SDM millenial yang memiliki semangat besar untuk melakukan perubahan-perubahan. Dia pun meminta, SMI dapat terus bergerak dan memerangi sikap mencari-cari alasan.

"Saya berharap semangat muda dari SMI adalah semangat yang tadi ditunjukkan dengan lagu, dengan bahkan pengibaran bendera menyanyikan Indonesia Raya. Bahkan dari sisi doanya dan gerakan kita semuanya adalah ingin membangun semangat, memerangi sikap kita untuk selalu mencari alasan bahwa ini tidak bisa dan terlalu sulit bangun infrastruktur," tandasnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Telan Biaya Rp 183 M, Penataan Kota Lama Semarang Ditarget Selesai Akhir April 2019
Bank Indonesia Catat Impor Kebutuhan Infrastruktur Sepanjang 2018 Capai Rp 85 Triliun
Diskon Tarif Tol Trans Jawa Bakal Berlaku hingga Lebaran
Pembangunan MRT Fase Dua Ditargetkan Selesai 2024
Sejarah MRT Jakarta, Penantian Warga Sejak 34 Tahun Lalu
Wings Food Ikut Bantu Pemerintah Kampanyekan Gunakan Transportasi MRT
Jokowi Harap MRT di Indonesia Capai 231 Km Dalam 10 Tahun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami