Di KTT G20, Jokowi Bakal Bahas Kerja Sama Antarnegara dan Tantangan Ekonomi Global

UANG | 22 Juni 2019 12:18 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Negara G-20 di Osaka, Jepang pada akhir Juni. Sejumlah tema bakal dibawa Presiden di pertemuan tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu poin yang bakal ditegaskan Jokowi termasuk kekompakan dan penguatan kerja sama antarnegara.

"Target kita. Saya kira, sekarang banyak bicara bilateral ya. Kita terus terang saja melihat Asean ini, pertama, harus kompak ya," kata dia, saat ditemui di Kantornya, seperti ditulis Sabtu (22/6).

Mantan Walikota Solo itu juga bakal menyampaikan seputar tekanan yang sedang terjadi pada ekonomi global, seperti penurunan yang terjadi pada ekonomi dunia.

"Kemudian negara G20 harus paham juga bagaimana global ekonomi, saya kira mereka paham, (situasi ekonomi global) betul-betul tidak menunjukkan hal yang lebih baik. Justru terjadi penurunan," jelasnya.

Selain itu, tentu Presiden akan menyampaikan langkah-langkah yang telah dan bakal diambil Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

"Dari kita sendiri bagaimana Indonesia merespon ini supaya dampak global economy ini kita jangan terlalu banyak," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi Ulang Tahun, Ma'ruf Doakan Sehat dan Terus Berjuang Membangun Bangsa
Anies Kirimkan Ucapan Selamat Ultah ke-58 Untuk Jokowi
Di Sidang MK, Anas Nashikin Akui Jokowi Hadir dalam Pelatihan Saksi TKN
Jokowi 'Dipaksa' Tiup Lilin Kue Ulang Tahun
Di Sela Sidang MK, Yusril dan Tim Hukum Ucapkan Selamat HUT untuk Jokowi
Ulang Tahun ke 58, Jokowi Diingatkan Kasus Novel Baswedan Mangkrak 800 Hari
Jokowi Melayat Putra Ketua MA yang Meninggal di Namibia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.