Di Myanmar, Bos KAI Pamerkan Kemajuan Industri Kereta Api di Indonesia

UANG | 27 November 2018 12:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengemban dua misi utama dalam Asean Railways CEOs' Conference (ARCEOs') di Nay Pyi Taw, Myanmar yang berlangsung 26-29 November 2018.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pertama KAI menyampaikan kemajuan industri perkeretaapian di Indonesia, mulai dari teknologi, keamanan, ketepatan waktu dan berbagai peningkatan pelayanan yang sudah dilakukan.

"Karena bagi saya, pelayanan kereta api di Indonesia itu paling baik jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, variable nya dari jumlah penumpang. Jadi kita akan share inovasi apa yang sudah kita lakukan," kata Edi di Nay Pyi Taw, Myanmar, Selasa (27/11).

Dikatakannya, KAI sampai saat ini, dengan berbagai peningkatan pelayanannya, sudah mengangkut lebih dari 390 juta penumpang dalam satu tahun. Jumlah ini jauh dibandingkan negara tetangga, Malaysia yang pada 2017 hanya mengangkut sekitar 80 juta penumpang dalam setahun.

Berbagai pelayanan yang dimiliki dan di share dalam acara ini di antaranya mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran yang bisa dilakukan melalui smartphone, hingga bagaimana meningkatkan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api itu sendiri.

Misi ke dua, Edi Sukmoro juga mengenalkan Indonesia Railway Development Consortium (IRDC). IRDC terdiri dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT INKA (Persero), PT Len Industri (Persero) dan BUMN Karya. Perusahaan plat merah ini memiliki model paket pengembangan transportasi masal kereta api di sebuah negara.

"IRDC ini ingin partisipasi mana kala Asean ini memberikan kesempatan untuk melakukan pembangunan kereta api, kemudian pengoperasian, hingga pemeliharaan di asean," pungkas Edi.

Diharapkan pengenalan IRDC ini menjadi langkah awal perusahaan Indonesia untuk ekspansi di pasar Asean dalam hal pengembangan perkeretaapian.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
PT KAI Minta Warga Tak Mudah Percaya Penipuan Modus Penerimaan Pegawai
128 Korban Hoaks Lowongan Kerja KAI Terlantar di Stasiun Gambir
Pemerintah akan aktifkan kembali rel kereta api sepanjang 10 ribu km
KAI obral tiket mulai dari Rp 50.000 di KAI Expo 2018
Jalur kereta api Cianjur - Padalarang ditarget beroperasi kembali di akhir 2019
KAI Expo 2018 di BSD sediakan 239.240 kursi promo ke berbagai tujuan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.