Dibuka Gratis, Festival Indonesia Maju Akan Tampilkan Sejarah Kepresidenan

UANG | 21 Agustus 2019 16:58 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan menggelar Festival Indonesia Maju di Plaza Sudirman, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Festival yang akan dilaksanakan pada 22-25 Agustus 2019 ini merupakan hasil kerja sama dengan Pusat Pengelola Kompleks GBK, Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran dan Koperasi dari Kemensetneg.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan, festival ini merupakan bentuk penghargaan kepada karya-karya besar Presiden Republik Indonesia mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo. Melalui kegiatan ini, pihaknya berupaya untuk melestarikan dan mempublikasikan pemikiran, pencapaian, warisan, dan sisi humanis para presiden.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme bagi generasi penerus perjuangan bangsa," kata dia dalam konferensi pers Festival Indonesia Maju, di Kantornya, Jakarta, Rabu (21/8).

Dia menyampaikan festival ini nantinya akan terdiri dari tiga acara, di antaranya adalah pameran aksara lintas masa Istana, pesta rakyat, dan panggung rakyat. Ketiga rangkaian kegiatan ini merupakan integrasi tiga aspek kehidupan masyarakat yakni pendidikan, ekonomi, dan hiburan.

"Pameran aksara lintas masa istana ini pertama kalinya, pejabat negara pamerkan arsip kepresidenan. Sejak 2016 sampai 2018 kita selalu berikan pameran di gedung saja. Tahun ini kita selenggarakan di GBK supaya masyarakat bisa lebih banyak mengakses," jelas dia.

Lebih Jauh Setya menyampaikan, aksara lintas masa merupakan pameran yang bernilai kesejarahan, kebangsaan dan informasi. Di mana nantinya pameran akan dibagi menjadi 7 tema, diantaranya adalah foto Istana Kepresidenan sejak era Pemerintahan Belanda sampai dengan terkini, kegiatan presiden di dalam istana, beberapa capaian yang diraih oleh presiden.

Selain itu, juga menampilkan sejarah pembangunan GBK, sejarah Bandara Kemayoran tempo dulu, jamuan untuk para tamu negara atau kesukaan para presiden hingga sisi humanis para presiden.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Tata Usaha Sekretariat Negara, Sari Harjanti menambahkan, festival ini akan menampilkan berbagai jenis arsip yang terdiri lebih dari 400 foto, 134 kertas, dan 10 film. Parede karya ini disuguhkan dalam bentuk instalasi seni yang menarik dan atraktif.

"Pameran juga akan menampilkan beberapa qoute, surat-surat, dan kartu ucapan presiden yang merupakan bukti nyata kinerja para presiden sebagai manusia-manusia unggul Indonesia," jelas dia.

Tak hanya melihat berbagai arsip kepresidenan, pengunjung juga dapat menikmati beberapa spot instagramable, seperti duduk di kursi makan kenegaraan dan seolah-olah merasakan sebagai tamu dalam jamuan makan kenegaraan. Pengunjung juga dapat melihat lukisan perkawinan adat Rusia yang merupakan lukisan bersejarah hadiah dari masyarakat Rusia kepada Presiden Soekarno.

Kemudian yang juga tak kalah menarik, lanjut dia, adalah pengunjung dapat menikmati suasana Stadion Utama GBK dengan lintasan larinya serta berpose bersama tokoh kartun Tin-Tin dengan Menara ATC Bandar Udara Kemayoran.

Sekedar informasi saja, Festival Indonesia Maju ini akan dibuka langsung oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Kamis (22/8) besok pukul 09.00 WIB. Adapun pameran ini akan dibuka secara gratis dengan target audiens ASN, sejarawan, para pelajar atau mahasiswa, dan masyarakat umum.

Baca juga:
Pamerkan Barang Antik Koleksinya, Fadli Zon Paling Berkesan dengan Surat Bung Karno
Kisah Anak Petani Zaman Penjajahan: Cuma Boleh 'Sekolah Surga' yang Diawasi Centeng
Tiong Hoa Hwee Kwan yang Mendahului Boedi Oetomo
Sumpah Pemuda Peranakan Arab untuk Indonesia
Persahabatan Liem Koen Hian & AR Baswedan untuk Kemerdekaan Indonesia
Pemkot Ambil Alih Bangunan Supermarket Pertama di Medan

(mdk/azz)