Direksi Baru Garuda Indonesia Diminta Maksimalkan Rute Penerbangan Internasional

UANG | 22 Januari 2020 16:49 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia telah menyetujui jajaran direksi dan komisaris baru. Salah satunya menetapkan Irfan Setiaputra telah ditetapkan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie berharap, direksi dan komisaris yang baru bisa meningkatkan pendapatan dengan memperkuat rute penerbangan internasional. Menurutnya, Garuda Indonesia bisa bekerja sama dengan maskapai penerbangan lain yang tergabung dengan SkyTeam.

"Garuda ini jangan hanya jago di negeri sendiri. Walaupun yang mengangkut airline lain tapi Garuda tetap dapat penghasilan," kata Alvin di kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Dia menjelaskan, tiket rute internasional yang dikeluarkan Garuda Indonesia sudah berada di kelas premium setara dengan maskapai Singapura airlines. Meski demikian, perlu dikaji kembali apakah dengan tarif tersebut sudah diminati pasar, tak masalah bila harga tiket dan fasilitas penerbangan internasional diturunkan sedikit demi menarik pasar.

1 dari 1 halaman

Penerbangan ke Eropa

Terkait penerbangan rute ke Eropa, Alvin menilai direksi baru harus mengkajinya kembali. Sebab sejak Dirut Garuda Indonesia dijabat Pahala N Mansury, rute Jakarta-London dianggap kurang diminati.

"Sejak zaman Pak Pahala sudah saya pertanyakan, kenapa London diambil, mengapa tidak Amsterdam atau Paris atau Frankfurt?" jelasnya.

Alvin menilai rute percobaan yang sempat dibuat Ari Askhara yakni Bali-Amsterdam laik dipelajari. Jika penerbangan Indonesia difokuskan ke pariwisata, pilihan mendarat di Bali dari Amsterdam dianggap lebih baik. Sebab, penerbangan internasional yang mendarat di Jakarta biasanya untuk kepentingan bisnis.

Selain rute konsep penerbangan internasional dan harga juga perlu diperhatikan. Untuk itu, direksi baru sebaiknya mengkaji ulang rute-rute penerbangan internasional dan jenis pesawat yang dipakai agar lebih efisien dan meningkatkan penghasilan. (mdk/azz)

Baca juga:
Sederet PR untuk Dirut dan Komisaris Baru Garuda Indonesia
Saham Garuda Indonesia Anjlok Usai Pengumuman Direksi dan Komisaris yang Baru
Mengenal Chairal Tanjung, Komisaris Garuda Indonesia yang Baru Ditunjuk Erick Thohir
Alasan Erick Thohir Angkat Yenny Wahid Jadi Komisaris Garuda Indonesia
Pesan Erick Thohir ke Dirut dan Komisaris Baru Garuda Indonesia
Irfan Setiaputra Resmi Jadi Dirut Garuda Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.