Diresmikan Besok, Tol Layang Jakarta-Cikampek Tak Langsung Dibuka untuk Umum

UANG | 11 Desember 2019 17:55 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II atau Japek II Elevated sepanjang 36,4 km pada besok, Kamis (12/12).

Pasca diresmikan Jokowi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginformasikan bahwa Jalan Tol Layang Japek belum bisa langsung digunakan untuk umum selama beberapa hari.

"Kita tunggu keputusan pemerintah. Ada jeda beberapa hari sebelum dibuka untuk pengguna jalan tol," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam pesan tertulisnya, Rabu (11/12).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan, Tol Layang Jakarta-Cikampek akan siap diresmikan untuk dibuka guna mendukung masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

1 dari 1 halaman

Pekerjaan Tahap Finishing

Saat ini, pekerjaan yang tersisa menurut Menteri Basuki hanya tinggal tahap finishing menghaluskan bagian sambungan jembatan (expansion joint) dan melengkapi rambu/marka jalan.

"Ada 26 expansion joint yang akan dihaluskan, finishing-nya tinggal untuk menambah kenyamanan. Tadi kita sudah coba 80 km per jam masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di jalan tol ini. Insya Allah besok (Rabu) sore bisa selesai, karena ada 20 tim yang siap bekerja," ungkapnya usai meninjau kesiapan Jalan Tol Layang Japek, Selasa (10/12) malam.

Dia mengabarkan, usai diresmikan Jokowi nanti, jalan tol tersebut baru akan dibuka untuk umum sekitar 2-3 hari kemudian untuk memastikan kesiapan kebersihan dan kelengkapan rambu jalan.

"Diusahakan lebih cepat lebih baik. Tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif hingga Libur Tahun Baru 2020," tukas Menteri Basuki. (mdk/idr)

Baca juga:
Bos Jasa Marga: Tol Layang Jakarta-Cikampek untuk Jarak Jauh
Korlantas Polri Pastikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Sudah Layak Beroperasi
Menhub: Pengoperasian Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mundur jadi 20 Desember
Tol Layang Jakarta - Cikampek Kurangi Kemacetan 30 Persen
Tol Layang Jakarta - Cikampek Siap Diresmikan 15 Desember Mendatang
BPJT Pertimbangkan Penyesuaian Tarif Tol Jakarta-Cikampek

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.