Dirjen Kekayaan Intelektual: Presiden Trump Pernah Gugat Pengusaha Indonesia

Dirjen Kekayaan Intelektual: Presiden Trump Pernah Gugat Pengusaha Indonesia
Donald Trump klaim kemenangan Pilpres AS. ©REUTERS/Carlos Barria
UANG | 12 November 2020 15:19 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris, mengimbau pelaku usaha agar mendaftarkan Kekayaan Intelektual (KI) atas produk mereka. Hal ini dimaksudkan sebagai perlindungan atas karya yang dihasilkan, mencegah pemalsuan, plagiasi, dan meningkatkan harkat/prestige.

Sebagai contoh, Freddy menceritakan bahwa Presiden ke-45 AS, Donald Trump pernah menggugat pengusaha Tanah Air terkait penggunaan merek 'Trump'.

"Presiden Trump ini pernah menggugat pengusaha Indonesia dengan merek 'Trumps'," kata dia dalam acara MarkPlus Government Roundtable 2, Kamis (12/11).

Diketahui, gugatan merek Trumps ini dilayangkan Donald Trump di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat kepada pengusaha lokal, Robin Wibowo. Dalam gugatannya, Trump menganggap Robin Wibowo telah melakukan plagiasi. Hingga akhirnya putusan pengadilan memenangkan Donald Trump pada 6 Februari 2014.

"Jadi begitu hebatnya awareness tentang KI. Tapi yang lebih hebat lagi adalah masyarakat UMKM, mereka sudah agak melek. Tapi mereka belum tahu cara mendaftarkannya," kata Freddy.

Baca Selanjutnya: Daftar KI Bisa Online...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami