Disubsidi Pemerintah, Tarif LRT Cibubur - Cawang Dipatok Rp12.000

UANG | 13 Oktober 2019 17:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menargetkan LRT Jabodebek beroperasi penuh secara komersial pada November 2021. Ada 3 rute yang akan dilayani oleh LRT Jabodebek ini, yakni rute Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang Bekasi Timur.

Untuk rute Cawang-Cibubur, Menhub Budi mengatakan bahwa tiketnya akan dipatok seharga Rp12 ribu. "Perkiraan tarif Rp12.000, karena komersialnya sudah di subsidi dari Rp25.000," ucap Budi di Cibubur, Minggu (13/10).

Budi menuturkan, pemerintah akan menyubsidi 50 persen harga tiket LRT Jabodebek sehingga dari total harga tiket Rp25.000 kini hanya menjadi Rp12.000 per sekali jalan.

"(Iya) pemerintah subsidi 50 persen. Dan Rp12.000 itu nantinya berlaku untuk semua jurusan," ujarnya.

Sementara itu, dengan 6 kereta LRT Jabodebek nanti, 1 kereta diklaim dapat mengangkut 250 orang sekali jalan.

Pembayaran LRT Jabodebek dilakukan oleh Pemerintah melalui PT KAI (Persero) berdasarkan hasil progres pekerjaan yang telah dievaluasi dan diperiksa oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

1 dari 1 halaman

Kerta LRT Naik Rel

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan siang ini meninjau progres pembangunan proyek LRT Jabodebek.

Peninjauan ini bertepatan dengan prosesi pengangkatan kereta pertama LRT Jabodebek di pitstop Stasiun Harjamukti. Sebanyak satu rangkaian (trainset) yang terdiri dari 6 kereta (car) diangkat ke atas rel menggunakan Gantry Crane.

"Terima kasih untuk Pak Menko telah koordinasi ini. Ini bukan hanya proyek APBN, tetapi kolaborasi dari beberapa kementerian seperti BUMN dan Perhubungan. Sampai 2021 diharapkan proyek ini bisa beroperasi," ujar Menhub Budi di Cibubur, Minggu (13/10).

Sementara itu, Luhut mengaku bangga bahwa proyek LRT Jabodebek dikerjakan oleh PT INKA. Sehingga, proyek ini harus dihargai betul karena merupakan kerja putra-putri dari bangsa Indonesia.

"Ini prestasi sendiri putra-putri Indonesia. Saya dari Bogor ikuti Presiden. Saya lapor ke beliau, pak maaf ini sedikit masih ada kurang-kurang. Pak Presiden bilang, tidak apa-apa, yang penting buatan Indonesia. Selamat sekali lagi buat PT INKA dan PT Adhi Karya," kata Luhut.

Proyek LRT Jabodebek yang ditangani oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) ini rencananya akan resmi beroperasi pada November 2021. Saat ini, progres pembangunan sendiri telah mencapai 65,77 persen. (mdk/idr)

Baca juga:
Membanggakan, Kereta LRT Buatan Anak Bangsa Resmi Naik Rel di Cibubur
Memantau Proyek LRT Jabodebek yang Sudah Capai 65 Persen
Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Akan Tiba di Jakarta Pekan Ini
Adhi Karya Akui Baru Terima Rp8 Triliun Untuk Proyek LRT Jabodebek
Uji Coba LRT Jabodebek Rute Cawang-Cibubur Diperkirakan Dimulai Pekan Depan
Pembangunan LRT Jabodebek Masih Terbentur Masalah Pembebasan Lahan di Bekasi