Ditargetkan Produksi 2021, Begini Tahap Pengembangan Vaksin Corona di RI

Ditargetkan Produksi 2021, Begini Tahap Pengembangan Vaksin Corona di RI
UANG | 14 Agustus 2020 12:12 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Uji klinis fase ketiga dari vaksin Sinovac ditargetkan selesai pada Januari 2021 mendatang. Sebelumnya, ada 1.620 orang relawan yang dilibatkan dalam uji klinis tahap tiga vaksin Sinovac pada 11 Agustus 2020 lalu.

Diketahui pada kondisi normal, proses pembuatan vaksin membutuhkan waktu antara 5-12 tahun. Namun, di tengah pandemi proses pembuatan vaksin memungkinkan berbeda dengan pengembangan vaksin di kondisi normal.

Manajer Senior Integrasi Riset dan Pengembangan PT Bio Farma Neni Nurainy mengungkapkan bahwa ringkasnya proses pengembangan vaksin hasil kerja sama dengan China itu akibat kemajuan teknologi. Sekaligus kemudahan dalam urusan regulasi.

"Kita targetkan uji klinis fase ketiga ini hasilnya selesai pada Januari mendatang. Setelah teknologi terus berkembang untuk mempercepat waktu pembuatan. Kemudian ada relaksasi regulasi untuk kemudahan registrasi ke BPOM," ujar dia dalam webinar yang digagas oleh Katadata, Jumat (14/8).

Terlebih, hasil uji klinis pada tahap I dan II juga mendapatkan hasil yang dianggap cukup baik. Tentunya uji coba tersebut dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan prosedur ilmiah yang bersandar internasional.

"Seperti kita saat melakukan uji klinis fase 1 di mana rekruitmennya sudah terlihat ada hasilnya, kemudian, kita langsung uji klinis ke fase 2. Demikian juga, kita sudah mulai fase 3 ini nanti pada Januari 2020," jelasnya.

Oleh karena itu, apabila data uji klinis vaksin Sinovac dianggap cukup dan bekerja baik pada manusia. Pihaknya segera mengajukan registrasi ke BPOM. Sehingga di kuartal I-2021 vaksin siap diproduksi secara massal. (mdk/azz)

Baca juga:
Iklan Vaksin Corona Rp1 Juta per Dosis Marak di China
Pemerintah Diminta Siapkan Payung Hukum Distribusi Vaksin Covid-19
Pemerintah Belum Berencana Coba dan Uji Vaksin Buatan Rusia
IHSG Ditutup Menguat Didukung Sentimen Uji vaksin Covid-19 di Indonesia
Argentina dan Meksiko Sepakat Produksi Vaksin Covid-19 AstraZeneca Asal Inggris
Brasil akan Produksi Vaksin Corona Buatan Rusia, Tersedia Pertengahan 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami