Ditargetkan Terbit Maret, Ini Bocoran Aturan Ojek Online
UANG | 12 Januari 2019 16:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan terus mendorong penetapan regulasi untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pengemudi atau driver ojek online. Regulasi ini ditargetkan rampung sekitar Maret 2019 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, salah satu hal yang tercantum dalam peraturan ojek online adalah keselamatan, sebab ojek online yang beroperasi menggunakan roda dua lebih rawan kecelakaan. Terlebih sering dijumpai penggunaan telepon seluler sambil mengemudikan motor.

"Apalagi saat menggunakan handphone saat berkendara, yang lain kita juga menyarankan mereka juga hal hal keselamatan lainnya agar seyogyanya ikuti aturan," kata Budi, saat menghadiri silaturahmi nasional (Silatnas) dengan keluarga besar pengemudi Online, di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1),

Selain itu, regulasi ojek online tersebut juga mengatur pemutusan mitra, antara pengemudi ojek dengan penyedia apikator, hal ini menjadi prioritas dalam peraturan tersebut. Serta cara perhitungan tarif dengan mempertimbangkan azas keadilan.

"Yang penting juga untuk kita atur adalah berkaitan dengan suspend. Suspend itu kita atur," tuturnya.

Menurut Budi, penampilan pengemudi ojek juga akan dicantumkan dalam regulasi tersebut, sehingga aka ada pakaian khusus yang dikenakan untuk para pengemudi ojek online. Hal ini ditetapkan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang.

"Juga berkaitan dengan bahwa mereka itu harus tampan. Dia pakai pakaian tertentu sehingga kalau mereka jalan pada malam hari juga terlihat," jelasnya.

Menurut Budi, saat ini aturan tersebut sedang disusun, berdasarkan masukan dari berbagai pihak seperi perwakilan komunitas pengemudi, penyedia aplikasi dan pemangku kepentingan. Rencananya regulasi tersebut selesai disusun pada Februari 2018.

"Jadi aturan ini kita buat sehingga memang mengundang aliansi dan asosiasi kelompok mereka kita undang utk memberikan masukan. Insya allah awal bulan depan selesai," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi Sentil Pengemudi Online yang Gunakan Ponsel Saat Berkendara
Jokowi: Saya Jengkel Kalau Ada yang Remehkan Profesi Pengemudi Online
Hadiri Silaturahmi Nasional, Pengemudi Online Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi
Garda Indonesia Dukung Payung Hukum untuk Ojek Online
Kemenhub Beri Sinyal Tarif Batas Bawah Ojek Online Rp 2.500

(mdk/azz)