Ditjen Pajak sandera pengusaha kayu tunggak pajak Rp 66,3 miliar

Ditjen Pajak sandera pengusaha kayu tunggak pajak Rp 66,3 miliar
Ilustrasi Mafia Pajak. ©2015 Merdeka.com
EKONOMI | 20 Juni 2017 17:09 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Kanwil Ditjen Pajak Papua dan Maluku dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong melaksanakan penyanderaan terhadap pengusaha kayu berinisial KJM yang menunggak pajak senilai Rp 66,3 miliar. KJM saat ini dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Salemba.

Penyanderaan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Penyanderaan Nomor SPRINDERA-01/WPJ.18/KP.0304/2017 tanggal 19 Juni 2017.

Kepala Kanwil Ditjen Pajak Papua dan Maluku, Wansepta Nirwanda mengatakan tunggakan Wajib Pajak muncul sehubungan hasil pemeriksaan tahun 2007 untuk tahun pajak 2002 sampai dengan 2004 dan telah diterbitkan Surat Ketetapan Pajak.

Terhadap Wajib Pajak, KPP Pratama Sorong telah menyampaikan Surat Teguran pada tanggal 10 Agustus 2007, dan melakukan penyampaian Surat Paksa dengan Berita Acara Pemberitahuan Surat paksa tertanggal 2 Oktober 2007.

"KPP Pratama Sorong telah melakukan upaya pencegahan terhadap KJM selaku Penanggung Pajak. Selain itu terhadap Penanggung Pajak telah dilakukan himbauan untuk mengikuti program pengampunan pajak termasuk panggilan penyelesaian tunggakan pajak," kata Wansepta melalui keterangan resminya, Selasa (20/6).

Dengan adanya penyanderaan ini, Wansepta mengimbau Wajib Pajak baik Orang Pribadi maupun badan yang memiliki tunggakan pajak agar segera melakukan komunikasi dengan KPP dalam rangka menyelesaikan tunggakan pajaknya.

Kanwil DJP Papua dan Maluku akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap Penunggak Pajak yang tidak memiliki itikad baik menyelesaikan tunggakan pajaknya.

Kepala Kanwil Ditjen Pajak Papua dan Maluku menjamin bahwa seluruh jajaran di bawahannya senantiasa menerapkan nilai integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.


Jokowi yakin modernisasi teknologi jadi pilar reformasi pajak RI
Bila Google lunasi pajak, Menkominfo rampungkan aturan OTT
Sidang suap pegawai pajak, Handang beberkan peran adik ipar Jokowi
Kode 10 jari dari bos PT EKP untuk eks pejabat Ditjen Pajak
Jangan khawatir, tak semua orang pajak bisa akses data nasabah
Besok, bos pajak terbang ke Hong Kong sepakati pertukaran data
Menko Darmin akui proses penagihan pajak Google sulit

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami