Dorong Ekspor 1 Juta Mobil, Pemerintah akan Minta Izin Hyundai dan Toyota

Dorong Ekspor 1 Juta Mobil, Pemerintah akan Minta Izin Hyundai dan Toyota
UANG | 20 November 2020 16:07 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi tengah memetakan rencana Indonesia untuk melakukan ekspor mobil dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) 1 juta unit.

"Kita lihat pertumbuhan ekspor akan membesar, karena pemerintah menginginkan yang namanya ekspor CBU mencapai 1 juta unit. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa ekspor 1 juta unit?," ungkapnya dalam sesi webinar bersama Liputan6.com, Jumat (20/11).

Dia menjelaskan, Gaikindo telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk meminta izin kepada pemegang merek otomotif ternama seperti Hyundai dan Toyota untuk memperluas pasar ekspor.

"Jadi ekspor itu ditentukan oleh para pemegang merek. Misalnya Hyundai, ekspor dari Indonesia akan ditentukan oleh pimpinan brand Hyundai di Korea (Selatan). Toyota akan ditentukan oleh pimpinan brand Toyota di Jepang," terangnya.

"Jadi kami dengan Kementerian Perindustrian akan mendatangi para principle untuk meminta izin supaya Indonesia dijadikan basis untuk ekspor," dia menambahkan.

Baca Selanjutnya: Tembus Pasar Australia...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami