DPR Ingin Pemerintah Punya Prediksi Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19

DPR Ingin Pemerintah Punya Prediksi Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19
Anggota DPR Misbakhun. ©2019 Merdeka.com
UANG | 8 April 2020 18:34 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Anggota Komisi XI DPR-RI, Mukhamad Misbakhun mengkritik pemerintah yang belum menentukan kesepakatan level krisis dalam penanganan wabah virus corona. Akibatnya, cara penanganan dampak ekonomi akibat virus corona belum menemukan cara yang seragam.

Berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan dan para regulator yakni, BI, OJK dan LPS masih berharap pandemi akan berakhir dalam waktu dekat.

"Saya melihat dari paparan OJK dan Menteri Keuangan ini berharap akan segera selesai," kata Misbakhun dalam Rapat Kerja Virtual Komisi XI DPR-RI dengan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Jakarta, Rabu (8/4).

Padahal di sektor usaha memprediksi pelemahan ekonomi masih berlangsung lebih dari tiga bulan. Sementara itu, sektor usaha maksimal bisa bertahan hanya selama 3 bulan tersebut. Jika pemerintah belum bisa menentukan prediksi pemulihan ekonomi, dunia usaha pun bakal menghadapi kesulitan menentukan level krisis.

Akibatnya para pengusaha masing-masing memiliki prediksi pertumbuhan ekonomi berbeda. Mulai 2 persen hingga minus 0,5 persen. Dari prediksi itu menunjukkan sampai sekarang antara pemerintah dan dunia usaha belum satu frekuensi untuk mengukurnya.

"Seperti apa alat ukurnya, harus disamakan dulu untuk dikalibrasi bersama," kata dia.

Baca Selanjutnya: Delay Implementasi Kebijakan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami