Dukung Ekonomi, Pemerintah akan Tingkatkan Talenta Digital RI

Dukung Ekonomi, Pemerintah akan Tingkatkan Talenta Digital RI
Menparekraf Sandiaga Uno. ©2022 Merdeka.com/Istimewa
EKONOMI | 27 Mei 2022 20:51 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia masih membutuhkan banyak talenta digital berkualitas untuk mendorong perekonomian nasional. Untuk itu, pemerintah mengajak semua pihak termasuk swasta untuk menciptakan berbagai program, dan salah satunya adalah IDCamp.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, kami berupaya meningkatkan talenta digital Indonesia dengan berbagai program," kata Sandiaga saat peluncuran IDCamp 2022 yang diselenggarakan Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, dikutip Antara, Jumat (27/5).

Dia sangat mengapresiasi langkah perusahaan telekomunikasi digital itu dalam upaya menciptakan talenta digital berkualitas melalui program IDCamp yang telah terlaksana sejak tahun 2019. "Diharapkan dengan banyaknya talenta digital maka perekonomian nasional akan meningkat dan tentunya bisa bersaing di pasar internasional yang kian ketat," katanya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, mengatakan IDCamp adalah salah satu program tanggungjawab sosial perusahaan/CSR di pilar pendidikan digital yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di negara ini.

"Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa," katanya.

Dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30 ribu developer bersertifikat di seluruh program. IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55 ribu peserta.

Tahun lalu, program ini telah berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110 ribu total penerima manfaat sejak didirikan pada tahun 2019. IDCamp adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. (mdk/azz)

Baca juga:
Covid-19 Melandai, Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Mulai Bangkit
Luhut Bantah Ekonomi Indonesia Dikendalikan China
Bertemu Ratu Belanda, Airlangga Beberkan Kinerja UMKM di Indonesia
Ekonomi Merata Jadi Kunci Indonesia Maju
Pemerintah Ingatkan Pemda Jamin Ketersediaan Air Minum dan Sanitasi
Milenial Didorong Mulai Investasi untuk Pembangunan Berkelanjutan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami