Dukung Industri Kreatif, Panasonic Kembali Gelar PYFM 2019

UANG » MAKASSAR | 9 Oktober 2019 20:18 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - PT Panasonic Gobel Indonesia terus mendukung perkembangan industri kreatif di Tanah Air. Salah satunya yaitu melalui kegiatan Panasonic Young Film Maker (PYFM) yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Dengan target peserta dengan rentang usia 15 – 30 tahun, Panasonic Young Film Maker menjadi salah satu implementasi dari komitmen Panasonic dalam meningkatkan motivasi serta menghadirkan pendidikan dan pelatihan untuk film maker muda bertalenta di seluruh Indonesia.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Seigo Saifu mengatakan, Panasonic Young Film Maker merupakan salah satu upaya pihaknya dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia.

"Kami percaya bahwa produk kami, terutama Lumix, memegang peranan penting untuk mendukung ambisi dan kreatifitas masyarakat Indonesia dalam industri fotografi dan videografi," ucap Seigo di Jakarta.

Mengusung kolaborasi tanpa batas, Panasonic mengajak para stakeholder dalam industri perfilman serta videography Indonesia untuk terus memberikan motivasi serta edukasi kepada generasi muda Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang.

Bekerjasama dengan Digital Cinematography Indonesia, Hunting Pasar, dan Visinema, PYFM 2019 akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera LUMIX yang mendukung pembuatan film pendek, serta mengajak para peserta workshop untuk mengikuti kompetisi ini. Roadshow ini akan dilaksanakan di sebelas kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Malang, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bengkulu, Bali, Banjarmasin, Manado, Makassar.

Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi mengatakan, tingginya antusiasme film maker muda di Indonesia menginspirasi pihaknya untuk menghadirkan kembali PYFM 2019. Tahun ini, Panasonic hadir dengan ragam inovasi yang disesuaikan dengan trend di industri kreatif Indonesia.

"Dengan misi meningkatkan industri kreatif di Indonesia ke level berikutnya, kami menghadirkan kembali PYFM untuk memberikan pendidikan serta motivasi bagi para film maker muda di Indonesia untuk terus berprestasi dan membawa nama baik Indonesia ke berbagai ajang film di tingkat lokal maupun internasional," katanya.

Mengangkat tema video 'CHANGE' yang memberikan kesempatan untuk menunjukkan sikap dan kemauan seseorang untuk berfikir secara analogi dengan perencanaan yang sempurna. Berkembang dari dua tahun lalu, tahun ini, PYFM hadir dengan tiga kategori. Kategori pertama adalah Kategori Short Movie merupakan produksi film dengan media konvensional dengan genre drama, komedi, horror, action, serta dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit.

Kategori kedua,online video merupakan produksi video dengan durasi maksimal l10 menit yang terbagi dalam 4 Genre video yaitu Travel Video, Fashion Film, Music Video, dan Sketch Comedy. Kategori ketiga adalah Wedding Films yang merupakan special category tahun ini. Adapun dari ketiga kategori ini akan dipilih total 8 pemenang dengan total hadiah Rp300 juta.

Nantinya, peserta dapat mendaftarkan karyanya melalui microsite www.lumixindonesia.id/pyfm2019 kemudian mengikuti syarat dan ketentuan yang ada pada laman tersebut. Selain itu, seluruh peserta juga harus mengupload cover film atau trailer film di Instagram Feed, mengikuti dan menandai akun Instagram @LumixIndonesia dan menambahkan hastag#PYFM2019 #KolaborasTanpaBatas.

Baca juga:
Jual Saham, Manoj Punjabi Sebut Kondisi Keuangan MD Pictures Masih Stabil
Tips Sukses Ala Ridwan Kamil untuk Tetap Produktif di Industri Kreatif
Undang-Undang Ekonomi Kreatif Bakal Disahkan Agustus Mendatang
Menengok Pembuatan Miniatur Sarung Tinju di Bogor
Triawan Munaf Beberkan 6 Program Prioritas Dalam Gagasan Kota Kreatif
Ridwan Kamil Target Bangun 13 Creative Hub Hingga 2020

(mdk/idr)