Dukung Pemulihan Ekonomi, Partisipasi Vaksinasi Masyarakat Dibutuhkan

Dukung Pemulihan Ekonomi, Partisipasi Vaksinasi Masyarakat Dibutuhkan
Antrean vaksinasi Covid-19 di Depok. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
EKONOMI | 29 September 2021 20:19 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pemerintah mengimbau masyarakat berpartisipasi dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19 nasional. Dukungan dan partisipasi publik diperlukan karena untuk memperkuat perlindungan kesehatan masyarakat agar aktivitas ekonomi dapat kembali bergulir.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan sekitar dari 90 juta orang Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan 50 juta di antaranya sudah mendapatkan dosis lengkap. Namun sayangnya, baru sekitar 6,3 juta lansia yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan sekitar 4,3 juta yang mendapatkan dosis lengkap.

Begitu juga kelompok remaja di usia 12-17 tahun tercatat baru sekitar 3,8 juta yang mendapatkan dosis pertama dan sekitar 2,5 juta di antaranya telah mendapatkan dosis lengkap.

"Sementara itu, saat ini tenaga pendidik, sekitar 2,5 juta telah mendapatkan dosis pertama dan sekitar 2 juta di antaranya telah mendapatkan dosis lengkap," ujar Menkominfo, Rabu (29/9).

2 dari 2 halaman

Tak Pilih-Pilih Vaksin

pilih vaksin rev3

Dengan adanya ragam jenis vaksin di Indonesia, Menkominfo Johnny mengimbau masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin. Menkominfo memastikan, semua vaksin yang tersedia telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan POM. Oleh karenanya, vaksin aman dan berkhasiat serta akan terus diawasi oleh pemerintah.

Menkominfo juga menegaskan, pemerintah terus mengamankan ketersediaan vaksin dan segera melakukan distribusi ke daerah. Total vaksin terdistribusi sepanjang Januari hingga 28 September 2021 telah mencapai 186,8 juta dosis vaksin.

"Kita bisa keluar dari masa pandemi yang menyulitkan ini dengan segera jika kita semua segera melakukan vaksinasi dan juga disiplin memakai masker," ujar Menteri Johnny.

(mdk/bim)

Baca juga:
Pemerintah Pastikan APBN Hadir di Seluruh Aspek Kehidupan Masyarakat
Per 10 September, Rp377,5 T Anggaran PEN Tersalurkan Bantu Rakyat
APBN 2020 Cegah 5 Juta Penduduk Indonesia Jatuh Miskin di Tengah Pandemi
PeduliLindungi Jadi Integrator Utama 3 Jurus Pengendalian Pandemi
Menkominfo Sebut 94 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia Belum Divaksin
Vaksinasi Covid-19 Capai 100 Juta Suntikan, Pemerintah Apresiasi Semua Pihak
Tak Ada Alasan Tidak Vaksinasi di Empat Klaster PON dan Peparnas

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami