Edhy Prabowo Ungkap Jurus Kembangkan Potensi Garam Rakyat

Edhy Prabowo Ungkap Jurus Kembangkan Potensi Garam Rakyat
UANG | 28 Agustus 2020 10:11 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Sebagai negara yang memiliki garis pantai lebih dari 99 ribu kilometer, Indonesia memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang bisa dioptimalkan, salah satunya garam.

Untuk itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo memastikan jajarannya tengah berjuang agar para petambak garam rakyat bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha tersebut. Termasuk mengupayakan produksi garam rakyat bisa memiliki kandungan sodium chloride (NaCl) sebesar 97 persen sesuai kebutuhan industri.

"Kebutuhan garam kita 4,7 juta ton setahun, kemampuan produksi kita belum ada 2,5 juta ton. Setelah kami cek masalah garam, industri mereka butuhnya yang NaCl (sodium chloride) di atas 97. Tugas kami sekarang. Kami ingin garam rakyat ini kami tingkatkan (NaCl) menjadi di atas 97," kata Edhy saat rapat kerja dengan Komisi IV di gedung DPR RI, Jakarta, ditulis Jumat (28/8).

Saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga menyiapkan program stimulus untuk penguatan garam rakyat. Melalui program tersebut, diharapkan produksi garam rakyat meningkat dan biaya produksinya bisa ditekan. Menurutnya, biaya terbesar dari produksi garam itu terdapat pada ongkos angkutnya.

"Makanya di PRL, program kami untuk penguatan stimulus garam rakyat menuju 97. Ongkos angkut garam ini kesulitan orang bawa dari hasil panen. Rata-rata tidak ada jalan besar, ini kami sedang mendata," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Dia juga mengajak anggota Komisi...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami