Ekonomi RI Tumbuh 5 Persen, Sandiaga Uno Pertanyakan Kualitas Lapangan Kerja

UANG | 20 November 2019 14:13 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih berada di kisaran 5 persen. Hanya saja, pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan kondisi lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia.

"Baik ekonomi tumbuh 5 persen, tapi di mana lapangan kerja? Di mana lapangan kerja berkualitas untuk generasi muda Indonesia?," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/11).

Untuk menciptakan lapangan kerja, dirinya pun meminta agar pemerintah mendorong sektor swasta untuk terlibat aktif dalam kegiatan ekonomi dalam negeri. Dengan demikian, hal tersebut akan memperbanyak ruang lapangan pekerjaan baru.

"Kita butuh investasi dan itu bakal menciptakan lapangan kerja. Sekarang saatnya sektor swasta mengambil kesempatan. Saya tak suka jika terus mengatakan Indonesia memiliki potensi besar namun tiga tahun kemudian tetap mengatakan hal yang sama," ujar dia.

Di samping itu, dirinya juga menyoroti persoalan lain yang kini dirasakan oleh masyarakat. Di tengah pertumbuhan stagnan harga-harga pangan justru cenderung mahal. Tak hanya pada pangan bahkan kenaikan tarif listrik hingga iuran BPJS Kesehatan pun juga mengalami hal serupa.

"Memang kita tumbuh 5 persen dengan tingkat inflasi yang cenderung rendah. Tapi mengapa harga-harga pangan masih mahal? Begitu juga dengan tarif listrik dan juga layanan kesehatan dengan tarif BPJS yang bakal naik dua kali lipat tahun depan," ujar dia.

1 dari 1 halaman

Genjot UMKM

Sandiaga menyebut saat ini terjadi perlambatan ekonomi di Indonesia. Salah satu cara mengatasi efek perlambatan ekonomi ini adalah menggiatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi masyarakat.

"Keinginan saya juga untuk memastikan bahwa kesejahteraan yang ada di level masyarakat kelas menengah ke bawah ini bisa terjaga. Kalau tidak ada gerakan yang langsung konkret di masyarakat akar rumput akan sulit sekali kita bangkit daripada ekonomi yang melambat ini," ucap Sandiaga saat menjadi pembicara dalam seminar 'Jihad Ekonomi Melalui Pengembangan UMKM' di Grand Dafam Royal, Kabupaten Bantul, Kamis (14/11).

Sandiaga menuturkan, bahwa saat ini dia lebih fokus untuk peningkatan ekonomi masyarakat lewat pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sandiaga pun menerangkan bahwa lewat UMKM ini nantinya akan membuka lapangan pekerjaan dan membuka peluang usaha bagi masyarakat.

"Sekarang saya lagi membina ekonomi bersama UMKM-UMKM. Saya ingin fokus di sini. Fokus saya adalah lapangan pekerjaan dan membuka peluang usaha pada era ekonomi yang melambat sekarang," ungkapnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Bertemu Ma'ruf Amin, Mantan PM Jepang Bahas Kerjasama Infrastruktur dan SDM
Pemerintah Dorong Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM Masuk dalam Perjanjian IEU-CEPA
4 Jurus Bos BKPM Tingkatkan Investasi dan Serapan Tenaga Kerja
Presiden Jokowi Sebut Hasil Pembangunan SDM Baru Dirasakan 10 Tahun Mendatang
6 Alasan Jokowi Getol Bangun Infrastruktur di Periode I
Mahasiswa Tak Bisa Ikut Pelatihan Kartu Pra Kerja