Ekonomi Syariah Punya Peluang Jadi Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi Syariah Punya Peluang Jadi Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi
syariah. shutterstock
UANG | 4 Mei 2021 17:45 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Bank Indonesia mengoptimalkan ekonomi syariah sebagai salah satu pengungkit perekonomian Indonesia. Sebab, selama ini inisiatif dan pengembangan ekonomi syariah masih terpaku pada keuangan syariah seperti perbankan syariah. Sedangkan pendekatan ekonomi syariah masih terbatas.

"Bank Indonesia punya komitmen untuk mengembangkan ekonomi syariah karena pasarnya sangat besar dengan mayoritas penduduk muslim terbesar," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam Webinar Menakar Efektivitas Stimulus Ekonomi, Jakarta, Selasa (4/5).

Sebagai regulator, Bank Indonesia melihat ekonomi syariah sebagai peluang yang bisa membangkitkan ekonomi nasional. Ini bisa jadi bantalan pemerintah bila dilakukan dengan maksimal dan digarap secara serius.

Namun, dalam situasi pandemi seperti ini, pengembangan ekonomi syariah perlu cara pandang baru. Sebab bila dilakukan dengan orientasi pengembangan ekspor kebutuhan di luar negeri, dinilai kurang tepat.

"Kalau dikonteks pasar syariah ini kita tentunya berpikiran ekonomi syariah skala besar tapi saya pikir itu kurang tepat untuk saat ini," kata Dody.

Sebaliknya yang perlu dilakukan dengan tahapan berproses. Mulai dari sektor makanan halal, fesyen muslim dan lainnya.

Baca Selanjutnya: Kembangkan Mitra dengan Pesantren...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami