Ekspansi keluar negeri, Kimia Farma siapkan capex Rp 935 M

Ekspansi keluar negeri, Kimia Farma siapkan capex Rp 935 M
gedung kimia farma. flickr.com
EKONOMI | 26 Maret 2014 20:45 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - Setelah menjelajah ke Malaysia, BUMN Farmasi, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bakal bakal memperluas jaringan ke negara-negara lain. Direktur Utama PT Kimia Farma Rusdi Rosman menyebut bakal membuka toko obat di Vietnam dan Arab Saudi.

Untuk Vietnam, perseroan bakal mengirim tim untuk mengkaji prospek pasar di sana juga aturan-aturan yang berlaku. Rusdi mengaku telah ada tawaran joint venture dari perusahaan swasta dan BUMN di sana.

"Di sana (Vietnam), perusahaan asing harus bermitra dengan pengusaha lokal dan tidak boleh mayoritas kepemilikannya. Ini juga dikaji," ujar Rusdi di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (26/3).

Sementara di Arab Saudi, perseroan mendapatkan tawaran dari Kementerian Agama. Rusdi mengaku, perseroan juga telah dapat fasilitas gedung dan lahan untuk pembukaan apotek.

"Di sana, kami diminta untuk membantu dalam menjaga kesehatan masyarakat Indonesia yang melakukan ibadah haji," tutur Rusdi.

Di Malaysia sendiri, perseroan bakal menambah 2 apotek. Untuk melancarkan aksi korporasi ini, KAEF telah menyiapkan dana yang masuk dalam belanja modal atau capital expenditure.

"Pengembangan Kimia Farma tahun ini dengan nilai Capex Rp 939,52 miliar," ucap Rusdi.

Perseroan menargetkan penjualan tahun ini tumbuh 18 persen atau mencapai Rp 5,35 triliun. Laba bersih perseroan ditargetkan capai Rp 235 miliar, atau naik 10 persen dari tahun 2013 lalu. (mdk/bim)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami