Ekspor Getah Damar Asal Lampung Tembus Enam Negara

Ekspor Getah Damar Asal Lampung Tembus Enam Negara
UANG | 4 Juli 2020 13:13 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Ekspor komoditas pertanian dari subsektor kehutanan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Salah satunya getah damar (shorea javanica) asal Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, yang mampu menembus enam negara.

"Enam negara tujuan ekspor tersebut meliputi Yaman, Tunisa, Sudan, Arab saudi, Singapura dan Yunani," kata Kepala Karantina Pertanian Lampung Muh Jumadh seperti ditulis Antara, Sabtu (4/7).

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Lampung mencatat fasilitasi ekspor getah damar jenis mata kucing sepanjang tahun 2019 mencapai 228,7 ton. Pada periode Januari hingga Juni 2020 ekspornya baru mencapai 93 ton.

Getah damar dapat dimanfaatkan sebagai stabilisator pada industri cat, tinta, farmasi, dan kosmetik. Komoditas itu banyak diminati oleh negara lain.

"Ini merupakan kearifan lokal masyarakat Lampung dan merupakan salah satu contoh keberhasilan pengelolaan hutan berkelanjutan berbasis masyarakat, sehingga perlu kita dorong potensinya supaya makin bersaing di pasar ekspor," ungkapnya.

Pihaknya akan terus membina untuk komoditas unik ini melalui pendampingan para petani dan pelaku usaha dalam meningkatkan produksi serta pemasarannya di pasar ekspor. (mdk/did)

Baca juga:
Virus Corona Timbulkan Ancaman Inflasi dan Banjir Impor
Di Tengah Pandemi, Pemerintah Dorong Ekspor Makanan dan Minuman RI ke Mesir
Mengupas Dampak Indonesia Naik Jadi Negara Berpendapatan Kelas Menengah Atas
Kementan Minta Masyarakat Lapor Jika Temukan Jamur Enoki asal Korea Selatan
Kementan: Jamur Enoki Boleh Dikonsumsi Asal Bukan dari Korea Selatan
Target Punya 5 Kilang Baru di 2026, Bos Pertamina Pastikan RI Bakal Bebas Impor BBM
Sepanjang Juni 2020, Mayora Group Sudah Ekspor Produk Hingga 4.000 Kontainer

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami