Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya Kelima di Dunia Usai Lonjakan Saham Tesla

Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya Kelima di Dunia Usai Lonjakan Saham Tesla
UANG | 19 Agustus 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kekayaan seorang industrialis dari Amerika Serikat, Elon Musk naik dari USD 7 miliar atau Rp 103,8 triliun menjadi USD 83,6 miliar atau Rp 1,2 kuadriliun setelah saham Tesla melonjak 11,2 persen pada Senin (17/8).

Keuntungan saham tersebut membuat pengusaha berusia 49 tahun itu kembali menjadi orang terkaya kelima di dunia, mengungguli taipan minyak dan gas India Mukesh Ambani dan investor termasyhur Warren Buffett.

Miliarder eksentrik ini mengatakan bahwa dia tidak peduli dengan posisi orang terkaya kelima. Musk pertama kali naik ke posisi kelima pada akhir Juli, ketika kekayaan bersihnya mencapai USD 74 miliar atau Rp 1 kuadriliun.

"Saya benar-benar tidak peduli. Angka-angka ini naik dan turun, tapi yang terpenting adalah membuat produk hebat yang disukai banyak orang," jelas Musk dilansir Forbes.

Saat ini saham Tesla naik hampir 32 persen dalam lima hari terakhir. Dengan demikian, kekayaan Musk meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak pertengahan Maret, ketika dia berada di peringkat ke-31 dalam daftar Miliarder Dunia Forbes. Dia memiliki 21 persen dari Tesla tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan pinjaman.

Saham melonjak pada hari Senin setelah seorang analis menaikkan target harga 12 bulan menjadi USD 1.900 atau Rp 28 juta. Harga saham Tesla saat ini USD 1.835,64 atau Rp 28 juta.

Analis Wedbush Dan Ives percaya bahwa Tesla yang membuka pabrik baru di Shanghai pada akhir 2019, berada pada posisi yang baik untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya permintaan China untuk kendaraan listrik. Ives juga memperkirakan bahwa Musk akan mengungkapkan berita "perubahan permainan" Battery Day mendatang pada 22 September.

Tesla adalah pembuat mobil asal Amerika Serikat, dengan kapitalisasi pasar USD 342 miliar atau Rp 5 kuadriliun, meskipun memproduksi kendaraan jauh lebih sedikit daripada pesaingnya seperti Ford dan Toyota.

Reporter Magang : Brigitta Belia (mdk/azz)

Baca juga:
Bernilai Miliaran, Pencurian Kardus Bekas Di Negara Ini Meningkat Pesat
Mimpi Ciptakan Mobil Listrik Murah, Pria Asal China ini Sukses Jadi Miliuner Baru
Kekayaan Tembus USD 100 T, Mark Zuckerberg Resmi Bergelar Centibillionaire
Deretan Miliarder Wanita Puncaki Bisnis Perawatan Kesehatan Terkaya di China
Bill Gates Ingin AS Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Negara Miskin
Orang Terkaya Nomor 3 Dunia Ini Kehilangan Rp87 Triliun dalam Satu Minggu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami