Enaknya Jadi PNS di Era Jokowi, Kerja dari Rumah Sampai Bisa Tambah Libur Sendiri

Enaknya Jadi PNS di Era Jokowi, Kerja dari Rumah Sampai Bisa Tambah Libur Sendiri
UANG | 4 Desember 2019 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diincar para pencari kerja. Baik dia berstatus sarjana baru maupun berpengalaman.

Pengamat Sosial Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito menilai, banyaknya masyarakat berebut menjadi PNS lantaran berharap hal lebih.

"Ini ada kecenderungan imajinasi kalau PNS itu memberi kemakmuran, meskipun itu cara pandang lama. Swasta dianggap tidak punya kepastian. Padahal faktanya banyak yang berprestasi," kata Arie kepada merdeka.com.

Menurut Arie Sudjito, mereka berpikir pekerjaan menjadi PNS tersebut lebih membawanya menjadi terlihat mapan. "Itu juga bagian kultur kita, mereka berpikir konsep kemapanan. Dianggap seolah-olah PNS lebih tinggi," kata Arie.

Masyarakat terus berbondong-bondong mengincar status sebagai PNS. Mereka berpikir dengan hidup dengan berstatus PNS, maka kehidupan masa depannya jauh lebih tentram.

Arie Sudjito membenarkan hal tersebut. Menurutnya, banyak tunjangan yang bakal diterima sebagai abdi negara.

Di antara tunjangan yang menjadi 'pelet' masyarakat dalam mengincar posisi PNS yakni jaminan kesehatan. "Adanya jaminan kesehatan yang diberikan bagi PNS. Itu yang mungkin menjadi pemikiran," kata dia.

Arie Sudjito menambahkan, hal lain selain tunjangan kesehatan, yaitu adanya pensiunan di hari tua. Masyarakat menganggap kehidupannya akan menjadi tentram dengan adanya dana pensiun itu.

"Menjadi PNS itu menarik, soal pensiun di hari tua," ujar dia.

Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah kenikmatan menjadi PNS saat ini atau di era Presiden Jokowi.

Baca Selanjutnya: PNS Kerja dari Rumah...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami