Enam Tips Jitu Wujudkan Rumah Impian

Enam Tips Jitu Wujudkan Rumah Impian
rumah. shutterstcok
EKONOMI | 14 Mei 2022 12:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Memiliki rumah impian adalah keinginan besar dari setiap individu. Apalagi bagi mereka yang sudah mulai membangun keluarga.

Ketika akan membangun rumah idaman sendiri, diperlukan persiapan yang terperinci. Mulai dari desain hingga mengurus izin pembangunan rumah pun harus betul-betul diperhatikan.

Hal tersebut jelas berbeda dengan membeli rumah yang telah disiapkan oleh pengembang perumahan.

Melansir dari laman bca.co.id Sabtu (14/5), setidaknya terdapat 6 (enam) tips yang perlu Anda persiapkan untuk mewujudkan hunian impian, yakni:

1. Tentukan Budget

Biaya untuk membangun rumah sangat beragam, tergantung dari kontraktor, kawasan, hingga bahan material yang dipilih. Siapkan budget dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu untuk mewujudkan rumah idaman.

2 dari 3 halaman

2. Tipe Rumah

Selain biaya, Anda juga harus menentukan tipe rumah seperti apa yang diinginkan. Pastikan tipe rumah sudah sesuai dengan budget yang dimiliki agar pembangunan bisa berjalan lancar.

Berikut ini beberapa jenis tipe rumah di Indonesia antara lain tipe 21, 36, 45, 54, 60, dsb. Semakin besar angka tipe rumah, semakin besar juga luas bangunan yang akan mempengaruhi besar dana yang dikeluarkan juga dalam pembangunannya.

Namun, hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kontraktor, desain, dan beberapa faktor lainnya. Tipe rumah 21 hingga 45 mungkin bisa dipertimbangkan untuk keluarga baru.

Sementara untuk keluarga dengan kebutuhan 3 atau 4 kamar tidur bisa memilih tipe rumah 54 dan 60. Sedangkan, tipe 70 dan 120 seterusnya biasanya untuk hunian yang dapat menampung keluarga besar.

3. Sesuaikan Ruangan dengan Kebutuhan Keluarga

Jika tipe rumah sudah ditentukan, luas lahan pun juga sudah siap untuk dibagi-bagi menjadi beberapa ruangan. Pastikan luas ruangan telah sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, mulailah dengan menentukan jumlah kamar tidur yang akan dibuat, seberapa luas ruang tamu, dapur, halaman, dan garasi. Jadi, segera catat daftar kebutuhan ruangan Anda dengan detail atau lakukan konsultasi dengan ahlinya.

3 dari 3 halaman

4. Cari Referensi Desain yang Diinginkan

Dalam membangun rumah idaman, pastikan juga desain hunian yang akan dibangun adalah desain yang diinginkan. Perbanyak wawasan tentang gaya arsitektur bangunan agar desain rumah idaman dan nyaman lebih mudah direalisasikan.

Contoh desain arsitektur yang biasa menjadi pilihan di masa kini yaitu hunian dengan gaya minimalis, modern, atau kontemporer. Selain itu, agar rumah terlihat elegan bisa menggunakan desain klasik, kolonial, dan mediterania.

5. Mencari Jasa Kontraktor Rumah

Setelah menentukan anggaran dan rencana untuk membangun hunian, kamu perlu mencari jasa kontraktor rumah. Cari jasa kontraktor ataupun tukang bangunan yang sudah terpercaya dan memiliki portofolio pengerjaan bangunan yang bagus.

Siapkan kontrak secara lengkap dan jelas mengenai berapa lama waktu pengerjaan, upah hingga denda jika waktu pengerjaan melebihi waktu dari yang dijanjikan. Pastikan untuk menggunakan vendor yang tepercaya agar tidak ada kendala di tengah-tengah proses pembangunan atau renovasi.

6. Mengurus Perizinan Rumah

Memiliki dokumen legalitas untuk membangun rumah adalah sebuah kewajiban. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) juga harus diproses dan dilengkapi ketika sedang membangun hunian agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam mengurus perizinan SHM Lakukanlah melalui cara yang resmi dan hindari penggunaan calo. Melalui cara ini Anda dapat menghemat biaya pengeluaran dalam mewujudkan hunian impian.

Nah, itulah persiapan yang perlu dilakukan untuk membangun rumah idaman. Ayo, segera tentukan pilihan rumah impian yang cocok buatmu.

(mdk/ags)

Baca juga:
Jangan Menyerah, Hal Ini Bisa Jadi Alasan Anda Tak Lolos Wawancara Kerja
Tips Investasi untuk Kumpulkan Dana Membeli Rumah Impian
Saran Warren Buffett untuk Hadapi Dampak Inflasi Tinggi
Dampak Positif dan Negatif dari Job-Hopping, Milenial Musti Tahu
Tertarik Investasi Barang Branded, Kenali Dulu Seluk Beluk Hingga Tips dan Triknya
Kata Perencana Keuangan Soal Investasi Kripto, Penjelasan Lengkap Hingga Untung Rugi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami