Erick Thohir Bakal Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia, Termasuk Garuda Tauberes

Erick Thohir Bakal Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia, Termasuk Garuda Tauberes
UANG | 20 Februari 2020 19:17 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berencana untuk melikuidasi atau menutup lima anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), salah satunya PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Ada lima anak perusahaan Garuda Indonesia yang sebenarnya siap di likuidasi. Hasil rapat direksi dan komisaris dengan kami, mereka (Garuda Indonesia) sudah mengusulkan, karena tidak ada manfaatnya," ujar Erick Thohir dikutip dari Antara, Kamis (20/2).

Dia menambahkan, Kementerian BUMN sudah mengusulkan kepada Presiden dan Menteri Keuangan agar Kementerian BUMN mendapatkan mandat tambahan dalam penggabungan dan melikuidasi BUMN.

"Sedang diusulkan kepada Presiden dan Menteri Keuangan untuk mandat tambahan kita bisa memerger dan melikuidasi," ucapnya.

Erick Thohir menambahkan dengan adanya tambahan mandat itu Kementerian BUMN juga akan segera mengambil keputusan ke BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan kapal PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero) atau PT PANN. "Mungkin bisa merger-kan ke yang lain," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima meminta Kementerian BUMN untuk berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good corporate governance) dan pedoman perilaku (code of conduct) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di setiap BUMN.

1 dari 2 halaman

Erick Thohir Kaget Ada Cucu Usaha Bernama Garuda Tauberes Indonesia

kaget ada cucu usaha bernama garuda tauberes indonesia rev1

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kaget mengetahui PT Garuda Indonesia memiliki cucu usaha yang diberi nama Garuda Tauberes Indonesia. Dia mengaku belum mengetahui bidang apa yang diurus oleh PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Yang menarik kalau di situ mohon maaf buat saya sih menggelitik, ada cucu perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Tidak tahu bidang apa. Bayangkan ada itu," ujar Menteri Erick sembari tertawa di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (13/12).

Dia mengatakan, pihaknya masih mempelajari mengenai perusahaan ini. Jika ke depan perusahaan tersebut ternyata tidak memiliki kinerja bagus, maka akan dilakukan evaluasi.

"Saya akan keluarkan kepmen untuk anak buah, cucu perusahaan harus dapat review. Jangan sampai menggerogoti perusahaan yang sehat," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Garuda Tauberes Indonesia

garuda tauberes indonesia rev1

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PT Garuda Tauberes Indonesia merupakan cucu usaha Garuda Indonesia yang bergerak di bidang layanan logistik kargo udara. Salah satu layanan yang diberikan perusahaan ini adalah aplikasi digital Tauberes yang menghubungkan layanan kargo udara dengan pelanggan.

Menurut laman resmi, perusahaan tersebut, beralamat di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan perusahaan lain, salah satunya J&T Express, untuk meningkatkan pelayanan jasa pengiriman kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, aplikasi Tauberes ini ke depannya dapat menghubungkan penggemar kuliner nusantara dengan penyedia makanan favorit di daerah, serta menunjang jaringan distribusi sektor UMKM nasional. (mdk/idr)

Baca juga:
Garuda Indonesia Buka Peluang Kerjasama dengan Agen Travel Haji Khusus dan Umrah
Bea Cukai: Penyidikan Kasus Penyelundupan Harley di Garuda Indonesia Belum Rampung
Hal-Hal Ini Harus Dimiliki Pimpinan Garuda Indonesia
Mulai Lusa, Garuda Indonesia Tunda Sementara Penerbangan dari dan ke China
Garuda Indonesia Kaji Penutupan Rute ke China, Calon Penumpang Bisa Refund

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami