Erick Thohir Beberkan Kontribusi BUMN dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Erick Thohir Beberkan Kontribusi BUMN dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Erick Thohir. istimewa ©2021
EKONOMI | 30 Juli 2021 14:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir membeberkan kontribusi BUMN dalam membantu penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sejak awal pandemi, PLN sudah memberikan stimulus berupa diskon tarif listrik untuk golongan rumah tangga 450 Va - 900 Va dan Industri Bisnis. Diskon tarif listrik ini pun diperpanjang sampai akhir Desember 2021.

"Ya kita harus liat, kemarin PLN bagi support ke listrik gratis, ada juga sekarang sudah perbaikan diskon listrik," kata Menteri Erick dalam acara BUMN Sehat dan Kuat, Demi Akselerasi Kebangkitan Ekonomi, Jumat (30/7).

Selain PLN, Telkomsel juga memberikan peran selama pandemi Covid-19. Anak usaha Telkom tersebut memberikan kouta dan pulsa gratis kepada pelajar, mahasiswa, dan guru. "Kita berikan pulsa gratis dan dukung program Menteri Pendidikan.

Mantan Bos Inter Milan itu menekankan, tidak kalah penting bagaimana BUMN juga berperan dalam melakukan restrukturisasi secara besar besaran untuk korporasi dan UMKM. Di mana nilainya hampir Rp470 triliun.

"Ingat roda perputaran ekonomi kita ada dua yang penting selain UMKM jadi tulang punggung dan basis besar dan swasta kita lakukan itu," jelasnya.

Selain itu, BUMN juga diberikan penugasan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada bank Himbara. Di mana tahun ini nilainya mencapai Rp253 triliun. Upaya-upaya ini dilakukan untuk memastikan secara bisnis, dunia usaha sebagai ekosistem tetap bisa didukung dengan baik.

"Kita coba tekan pengurangan pegawai, memang engga mudah. Tapi kembali kita sebagai backbone lokomotif dari pada ekonomi dan PSO kita support ini," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Erick Thohir Akui Kontribusi BUMN Dibandingkan PMN Masih Rendah
Transformasi Pupuk Indonesia di Satu Tahun Implementasi Akhlak Digagas Erick Thohir
Menteri Erick Minta BNI Bantu Produk UMKM Indonesia Go Eropa
Emisi Karbon Ketenagalistrikan Indonesia Terendah di Asia Tenggara
Restrukturisasi Disebut Tingkatkan Kinerja Pertamina Hingga Raih Laba Rp14 T di 2020
Tumbuh 19,87 Persen, Laba BTN Kuartal II 2021 Capai Rp 920 Miliar
Pos Indonesia Beberkan Persaingan Ketat Bisnis Logistik Selama Pandemi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami