Erick Thohir Ingin Perkuat Jasa Marga Jadi Perusahaan Karya Khusus Jalan Tol

Erick Thohir Ingin Perkuat Jasa Marga Jadi Perusahaan Karya Khusus Jalan Tol
Erick Thohir. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia
EKONOMI | 2 Desember 2021 21:00 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Menteri BUMN Erick Thohir akan memperkuat Jasa Marga sebagai perusahaan karya untuk jalan tol. Sedangkan BUMN-BUMN karya lainnya akan dikembalikan kepada khitahnya sebagai perusahaan BUMN karya, apakah fokus ke EPC atau fokus ke pembangunan gedung.

Erick Thohir tak mau perusahaan BUMN karya seperti sekarang bersifat "palu gada" di mana semuanya ada di BUMN karya.

"Kita mau konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi kekuatan tersendiri dengan fokus sendiri, seperti yang kita coba konsolidasikan di perbankan yang mana BRI fokus ke desa dan UMKM, Mandiri fokus ke perkotaan dan korporasi besar, serta juga seperti Telkom dan Telkomsel di mana Telkom lebih kepada B To B dan Telkomsel kepada B To C," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam rapat bersama DPR di Jakarta, Kamis (2/12).

BUMN-BUMN karya ini juga akan dipetakan oleh Kementerian BUMN, dan Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sudah memiliki data-data lengkapnya, terkait kekuatan dari masing-masing BUMN karya.

Misalnya, bagaimana Kementerian BUMN akan mengonsolidasikan kantor-kantor BUMN karya yang jumlahnya banyak di luar negeri. Menteri BUMN memandang hal tersebut sebagai pemborosan.

"Waskita punya kantor sendiri, BUMN karya lainnya juga memiliki kantor sendiri, kita sudah minta itu untuk ditutup dan digabung menjadi satu kantor. Ini yang kita coba konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi perusahaan BUMN karya yang sehat, memiliki keahlian atau expert, dan juga mempunyai nilai tambah dalam arti ketika mereka melakukan pembangunan," ujar Erick Thohir.

2 dari 2 halaman

Target BUMN

Sebelumnya Kementerian BUMN mengungkapkan dengan target BUMN karya menjadi jawara atau champion dalam sektor tertentu, ke depannya diharapkan perusahaan plat merah itu fokus dalam berbisnis.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan fokus dari masing-masing BUMN karya ke depannya memang bukan holding kekaryaan atau perusahaan karya, melainkan bagaimana klaster-klaster di mana mereka memiliki kekuatan, mereka memiliki champion-nya.

Mudah-mudahan dengan cara fokus menjadi champion ini, kata Arya, BUMN-BUMN Karya tidak hanya bertarung di dalam negeri namun juga bisa bertarung di kancah internasional.

Baca juga:
Erick Thohir Fokus Benahi Dana Pensiun di BUMN karena Tak Mau Jadi Sarang Korupsi
Menteri Erick Ungkap BUMN yang Bakal IPO dan Right Issue di 2022
PKB Buka Diri untuk Erick Thohir
Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Usaha BUMN, Terbanyak dari Pertamina
Dukung Aksi Ahok, Erick Thohir Minta BUMN Transparan dalam Berbisnis
Erick Thohir Sebut Covid-19 Ganggu Rantai Pasok Global

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami