Erick Thohir Ingin Program Bakti BUMN Bisa Kembangkan Daerah Mandalika

Erick Thohir Ingin Program Bakti BUMN Bisa Kembangkan Daerah Mandalika
Erick Thohir. istimewa ©2022 Merdeka.com
EKONOMI | 1 Oktober 2022 19:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir berharap ke perusahaan BUMN sebagai agen pembangunan dapat terlibat membangun pengembangan daerah Mandalika. Di mana Mandalika merupakan salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) atau Bali Baru yang sempat jadi tuan rumah MotoGP 2022.

Sebagai inisiasi BUMN dalam mendukung pengembangan Mandalika, 35 perusahaan pelat merah berkolaborasi dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diwujudkan melalui Bakti BUMN untuk Mandalika.

Erick menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara BUMN, Pemda dan Masyarakat NTB. Sehingga Program Bakti BUMN untuk Mandalika dapat terlaksana dengan baik.

"Pemerintah telah menetapkan Mandalika sebagai salah satu dari 5 DPSP dan untuk mewujudkannya BUMN telah membangun Sirkuit Mandalika dan telah melaksanakan berbagai event nasional dan internasional. Program Bakti
BUMN Untuk Mandalika hadir sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat NTB, khususnya Mandalika," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10).

Erick menjelaskan, program TJSL terfokus pada 3 bidang prioritas yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.

"Kesuksesan Bakti BUMN Untuk Mandalika ini adalah kolaborasi yang telah dijalankan oleh berbagai pihak baik itu BUMN, Pemerintah Daerah dan Masyarakat sekitar Mandalika. Semoga BUMN serta Pemda dan masyarakat Mandalika dapat terus bersama-sama mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Tiga Priortias TJSL

Sesuai arahan Menteri BUMN, program yang dilaksanakan merupakan program yang selaras dengan tiga prioritas program TJSL dan sesuai kebutuhan masyarakat Mandalika. BUMN dalam pelaksanaan program turut melibatkan pimpinan daerah serta masyarakat setempat.

Program Bakti BUMN salah satunya diselenggarakan di Desa Rengganis, Mandalika. Hal menarik yang dilakukan dalam pembangunan Desa Rengganis adalah penggunaan FABA, limbah hasil pembakaran batu bara PLTU sebagai bahan baku pembuatan paving blok yang digunakan di desa tersebut.

"Kesuksesan Program Bakti BUMN untuk Mandalika berasal dari kolaborasi yang baik dari berbagai pihak yang terlibat. Untuk itu agar kolaborasi yang telah terjalin dengan baik agar bisa terus dijaga dan dikembangkan," kata Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Patung Jokowi Naik Motor Sudah Dipasang di Mandalika, Ini Potretnya Keren Banget
Okupansi Hotel di NTB Naik 60 Persen Selama MotoGP Berlangsung
Aksi Memukau Tim TNI AU Jupiter Bermanuver di Langit Mandalika
Komisi X Jamin Sirkuit Mandalika Tidak Terbengkalai Usai Ajang MotoGP
Ketatnya Pengamanan MotoGP Mandalika, Area Sirkuit dan Luar KEK Dijaga TNI dan Polisi
Analisis BMKG Terkait Cuaca saat Balapan MotoGP Mandalika

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini