Erick Thohir Ingin Telkom Punya Big Data seperti Alicloud

Erick Thohir Ingin Telkom Punya Big Data seperti Alicloud
UANG | 12 Februari 2020 18:31 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menginginkan PT Telkom Indonesia memiliki big data seperti Alicloud milik Alibaba. Big data ini bisa dijadikan peluang bisnis agar tidak melulu mengandalkan Telkomsel untuk menopang pendapatan.

"Industri telekomunikasi kan berubah. Dulu suara sekarang data. Tapi ada hal yang sangat penting, Infrastruktur Telkom kan sudah luar biasa. Kenapa tidak jadi bisnis. Bahkan big data, cloud itu jadi bisnis, jangan diambil lagi sama asing," ujarnya di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (12/2).

Erick mengatakan, pada perhelatan Asian Games 2018 penyelenggara terpaksa mengandalkan Alicould karena Indonesia belum memiliki big data. Dia pun berharap perusahaan pelat merah mampu menggarap pasar ini.

"Kemarin (2018) saya rasain juga ketika Asian Games itu saya harus pakai Alicloud. Saya juga sebenarnya enggak mau. Kenapa itu tidak dilakukan Telkom?," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Minta Telkom Perbaiki Lini Bisnis

perbaiki lini bisnis rev1

Ke depan, dia menginginkan, Telkom memperbaiki lini bisnis nya agar sejajar dengan perusahaan telekomunikasi milik luar negeri. Pengaturan bisnis tersebut sepenuhnya diserahkan kepada direksi Telkom.

"Saya bukan direksinya. Kita juga enggak mau telkom hanya andalkan Telkomsel nya. Bukalah peluang bisnis baru. (Apa ada porsi penambahan di Telkom?). Saya bukan direksinya, struktur sendiri," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Erick Thohir: Mendingan Telkom Tidak Ada
Wamen BUMN Sindir Telkom Lamban Berinovasi Ikuti Zaman
Profil Lengkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel yang Baru
Telkom Blokir Netflix, Ini Kata Menkominfo
Telkom sebut Strategi Pricing yang Rasional Demi Keberlanjutan Bisnis
Telkom Jajaki Pengembangan Bisnis Cloud dengan Cisco

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami