Erick Thohir Siap Dukung Pengadaan Alat Medis di Wisma Atlet Kemayoran

Erick Thohir Siap Dukung Pengadaan Alat Medis di Wisma Atlet Kemayoran
UANG | 22 Maret 2020 14:05 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan siap melaksanakan dengan optimal pengadaan berbagai peralatan dan perlengkapan medis serta alat pelindung diri dalam rangka mengatasi virus corona. BUMN logistik dan berbagai rumah sakit yang berada di bawah pengelolaan BUMN juga siap terlibat dalam penanganan virus ini.

"APD (Alat Pelindung Diri) kami juga mengadakan pengadaan, BUMN juga mengadakan pengadaan semaksimal mungkin," kata Menteri BUMN dalam konferensi pers di Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, dikutip Antara, Minggu (22/3).

Dengan pengalihan fungsi dari Wisma Atlet menjadi RS Darurat Penanganan COVID-19, Erick menyatakan siap mendukung apalagi didukung beragam faktor seperti jumlah towernya yang cukup banyak serta ruang penampungannya yang memadai.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa TNI memiliki 109
rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia dan di masing-masing sedang dipersiapkan ruang isolasi yang mampu menampung 10-30 tempat tidur setiap rumah sakit.

"Sehingga masyarakat di seluruh Indonesia apabila positif atau gejala bisa langsung masuk ke rumah sakit TNI tersebut," katanya.

Dia menambahkan, Menteri BUMN juga sudah mampu menginventarisasi RS BUMN yang mampu menampung pasien terpapar. Saat ini, ada sebanyak 52 rumah sakit yang sudah disiapkan oleh jajaran kepolisian.

Panglima TNI juga mengemukakan bahwa semua rumah sakit yang dapat menangani pasien
COVID-19, semuanya di bawah kendali Kepala Gugus Tugas baik pusat maupun daerah.

1 dari 1 halaman

Tampung 22.200 Pasien Corona

pasien corona

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengatakan Wisma Atlet Kemayoran yang akan dijadikan rumah sakit darurat penanganan corona dapat menampung hingga 22.200 pasien. Kapasitas itu tercapai bila seluruh menara di Wisma Atlet digunakan untuk perawatan.

"Kalau sepuluh tower dipakai, itu jumlah yang bisa dirawat di sana itu sekitar 22.200 orang, hari Senin besok ini bisa dipakai 2.400 kamar," kata Fadjroel dalam wawancara di radio MNC Trijaya FM pada Sabtu (21/3).

Saat ini, Fadjroel menyebut pemerintah sedang menyiapkan alat-alat kesehatan yang akan digunakan oleh dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir sedang menyiapkan 4 juta masker yang bakal didistribusikan pada akhir Maret 2020.

"Pemerintah berupaya menyediakan sekarang seperti masker, APD, ventilator mekanik, segala macam itu. Sekarang sedang diupayakan Pak Menteri BUMN," ujarnya. (mdk/azz)

Baca juga:
10.000 Relawan Bakal Bantu Penanganan Pasien Corona di Wisma Atlet
Jubir Presiden: Wisma Atlet Kemayoran Mampu Tampung 22.200 Pasien Corona
Dijadikan RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Mulai Disemprot Disinfektan
Wisma Atlet Kemayoran Akan Disulap Jadi Rumah Sakit Corona
3 Fakta Proses Pembangunan RS Darurat Infeksi Corona di Wisma Atlet
Jadi Pusat Penanganan Virus Corona, Wisma Atlet Dilengkapi dengan Ruang Santai

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5