Eropa Larang Impor Kelapa Sawit, Jokowi & Mahathir Mohamad Layangkan Surat Keberatan

UANG | 8 April 2019 11:03 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Indonesia terus berupaya untuk melawan kampanye hitam yang dilancarkan oleh Uni Eropa terhadap produk kelapa sawit. Dalam menjalankan upaya perlawanan dan protes, Indonesia tidak hanya bergerak sendiri tapi juga terlibat dengan negara-negara lain yang juga dirugikan oleh kebijakan Uni Eropa.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani surat bersama PM Malaysia, Mahathir Mohamad. Surat tersebut akan dilayangkan ke pihak Uni Eropa.

"Soal sawit kemarin presiden sudah tandatangani surat bersama antara presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Mahathir," kata dia, dalam acara Coffee Morning, di Kantornya, Jakarta, Senin (8/4).

Menurut mantan Menko Polhukam ini, surat yang ditandatangani Presiden Jokowi tersebut, berisikan poin-poin keberatan terhadap rencana Uni Eropa melarang impor produk sawit.

"Tentang keberatan kita terhadap rencana Uni Eropa mem-ban sawit Indonesia, atau sawit dunia lah," jelas dia.

Menko Luhut pun menegaskan bahwa pemerintah memandang rencana Uni Eropa melarang produk kelapa sawit adalah persoalan serius. Sebab, berkaitan dengan hajat hidup sekitar 20 juta petani kelapa sawit di Indonesia. "Dari kaca mata kita itu menyangkut nasib 20 juta petani," tandasnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Menko Luhut Lawan Eropa soal Kelapa Sawit: Ini Masalah Kedaulatan Negara
Walhi Kritisi Ancaman Menko Luhut Keluar dari Kesepakatan Paris
Pemerintah Jokowi Kebut Program Peremajaan Kelapa Sawit
Pemerintah Jokowi Uji Jalan Penerapan B30 Mei Mendatang
Faisal Basri Sindir Cara Pemerintah Ancam Boikot Produk Uni Eropa
Menko Darmin Soal Pemboikotan Produk Eropa : Dia Siap, Nanti Susah Kita
Sawit Didiskriminasi, Ancaman Boikot Produk Eropa dan Perang Dagang Menanti

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.