ESDM Beberkan Rincian Pemberian Keringanan Tarif Listrik

ESDM Beberkan Rincian Pemberian Keringanan Tarif Listrik
UANG | 1 April 2020 15:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah memberikan keringanan biaya listrik untuk pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) selama 3 bulan, yakni April, Mei, dan Juni. Hal ini juga tertuang dalam Perppu nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Dalam Perppu tersebut, sebesar Rp110 triliun untuk jaring pengaman sosial (Social Safety Net) yang mencakup penambahan anggaran kartu sembako, Kartu Prakerja, dan subsidi listrik untuk 450 VA yang akan digratiskan selama 3 bulan dan untuk pelanggan 900 VA akan dikenakan diskon sebesar 50 persen.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menjelaskan, maksimum subsidi untuk daya 900 VA disesuaikan dari konsumsi listrik selama 3 bulan terakhir.

"Untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA, rekening listrik gratis (biaya pemakaian dan biaya beban) untuk yang reguler. Kemudian untuk prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan," paparnya.

Selanjutnya untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA, lanjut Rida, rekening listrik dibayar 50 persen (biaya pemakaian dan biaya beban) untuk reguler. Dan untuk prabayar, setiap bulannya diberikan token listrik gratis sebesar 50 persen kali pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

1 dari 1 halaman

PLN Dukung Pemerintah

pemerintah rev2

Untuk dapat melakukan klaim terhadap subsidi tersebut, Rida mengatakan akan menyiapkan sosialisasinya. Di mana prosedurnya sama dengan klaim kompensasi blackout PLN pada sekitar bulan Agustus 2019 lalu.

"Mungkin kita juga akan siapkan sosialisasinya termasuk keberadaan dari aplikasi tersebut. Sehingga teman-teman yg berlangganan token tidak bingung bagaimana mereka mendapatkan potongan 50 persen. Jadi sudah ada aplikasinya. Tinggal kita sosialisasikan," jelasnya.

Sebelumnya, untuk mengetahui nilai kompensasi blackout yang diterima, dapat melalui https://www.pln.co.id/pelanggan/informasi-kompensasi dan akan ada petunjuk untuk mengisi ID Pelanggan.

Kemudian mengisi nomer ID Pelanggan di kolom yang disediakan, setelah itu klik tombol cari, dan secara otomatis akan muncul kWh dan nilai rupiah yang akan diterima sebagai kompensasi.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
PLN Dukung Pemerintah Gratiskan Listrik untuk 24 Juta Pelanggan
Ada Virus Corona, Jokowi Gratiskan Tarif Listrik Pelanggan 450 VA Selama 3 Bulan
Erick Thohir: Diskon Tarif Listrik Tunggu Keputusan Presiden
Malaysia Gratiskan Internet dan Diskon Tagihan Listrik di Tengah Pandemi Corona
Ringankan Dampak Virus Corona, YLKI Usul Tarif Listrik Diturunkan
PLN: Tagihan Listrik Bulan April Dihitung dari Pemakaian 3 Bulan Terakhir

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami