ESDM Dapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian, BPK Beri Bebarapa Sorotan

UANG | 12 Juni 2019 18:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan apresiasi ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), atas pencapaian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan 2018.

Anggota Deputi IV BPK Rizal Djalil mengatakan, predikat WTP yang diperoleh‎ Kementerian ESDM pada tahun ini, sama seperti tahun lalu. "Kami menyampaikan laporan hasil pemeriksaan BPK laporan keuangan 2018. Opininya sama saja seperti tahun kemarin," kata Riza, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (12/6).

Rizal pun menyoroti beberapa hal capaian instansi yang dipimpin Ignasius Jonan tersebut, yaitu capaian Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)‎ pada 2019. Selain itu, juga perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggunaan teknologi informatika.

"Yang menarik adalah capaian PNBP yang meningkat hampir 195 persen. Nah, ini punya kontribusi besar terhadap konteks penerimaan negara kita. ESDM juga memperbaiki SDM dan IT untuk meningkatkan PNBP itu," tuturnya.

Rizal melanjutkan, juga menyoroti program pemerataan kelistrikan di Indonesia yang sudah mencapai 98 persen dan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga.

"Namun, catatan kami bagaimana BUMN pelaksana itu memperoleh hak nya pada waktu yang tepat. Karena mereka sudah melakukan penugasan. Perkembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) juga sangat luar baisa, dan kami apresiasi hal itu," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Sri Mulyani Sumringah Dapat Predikat WTP 3 Tahun Berturut-Turut
KKP Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK
Digugat Sjamsul Nursalim, BPK Dapat Dukungan Penuh dari KPK
Penjelasan KPK Soal Perbedaan Audit BPK Terkait Kasus SKL BLBI
BPK Temukan Kerugian Ratusan Juta untuk Pembangunan Pasar di Garut
Ikut Periksa Laporan Keuangan Garuda Indonesia, BPK Umumkan Hasilnya Usai Lebaran

(mdk/azz)