ESDM Libatkan KPK Evaluasi Rencana Pengembangan Blok Masela

UANG | 26 Juni 2019 16:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, rencana pengembangan (Plan of Development/POD) Blok Masela masih dievaluasi untuk mematangkan ‎revisi POD lapangan gas abadi tersebut.

Nantinya, pihaknya akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar proyek yang digarap Inpex Corporation tersebut berjalan dengan baik dan tidak melanggar hukum.

"Belum (POD diterbitkan),‎ biar riview dulu. KPK juga dilibatkan, agar semuanya proper," kata Jonan, di Jakarta, Rabu (26/6).

Proyek Blok Masela mengalami kemajuan, setelah ditandatanganinya kesepakatan Head of Agreement (HoA), yang dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, dan Shunichiro Sugaya, President Direktur INPEX Indonesia.

Pengembangan proyek hulu migas di Masela diharapkan dapat memberikan kontribusi tambahan produksi Gas Bumi sekitar ekuivalen 10,5 juta ton (mtpa) per tahun (sekitar 9.5 juta ton LNG per tahun dan 150 mmscfd Gas Pipa), dengan target berproduksi 2027‎.

Sebelumnya Jonan mengatakan, setelah sekian lama dilakukan pembahasan, penandatanganan HOA ini menjadi titik penting bagi investasi hulu migas di Indonesia. Dengan nilai sekitar US$18-20 miliar, menjadi investasi terbesar Jepang di Indonesia dalam Lima dekade.

"Investasi yang terbesar untuk investasi satukegiatan di Indonesia, dan merupakan investasi Jepang terbesar sejak 5 dekade terakhir," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
SKK Migas dan INPEX Tandatangani Perjanjian Pengembangan Lapangan Blok Masela
Pemerintah dan Inpex Sepakati Nilai Investasi dan Bagi Hasil Migas Blok Masela
SKK Migas Bantah Shell Bakal Mundur dari Proyek Migas Masela
Pengembangan Blok Masela Terhambat Pembebasan Lahan dan Insentif
SKK Migas Sebut Ada Investor Tertarik Ikut Garap Blok Masela
SKK Migas Masih Negosiasi Terkait Nilai Investasi Blok Masela

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.